Stimulasi Perkembangan Komunikasi Anak Usia 2 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v11i1.13489Keywords:
stimulus, language development, and stimulationAbstract
Bahasa merupakan bentuk komunikasi yang dapat diucapkan, ditulis, atau diisyaratkan dengan didasarkan oleh sebuah aturan atau simbol. Perkembangan bahasa ini diperlukan untuk mengembangkan aspek bahasa. Perkembangan bahasa ini akan sangat berkembang dengan pesat dengan adanya stimulus dengan anak, terutama pada usia 2 tahun anak mengalami perkembangan bahasa yang pesat anak akan mulai bisa mengenal konsep sederhana. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah perkembangan Bahasa anak X memiliki stimulasi yang kuat dari lingkungan, dengan tujuan mengetahui apakah stimulasi yang diberikan oleh lingkungan berhasil pada proses perkembangan bahasa pada anak X. Penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menjadikan peneliti sebagai instrumen kunci dengan hasil penelitian yang akan menjawab hipotesis peneliti. Penelitian ini lebih menekankan tentang bagaimana lingkungan keluarga menjadi faktor utama berkembangnya bahasa pada anak. Stimulus serta rangsangan yang diberikan secara baik maka akan diserap dengan baik oleh anak. Hasil dari penelitian ini, peneliti menyimpulkan perkembangan bahasa pada anak X dari usia 15 bulan- 23 bulan memiliki stimulasi yang baik dengan adanya stimulasi dari keluarga dan lingkungan sekolah anak
Bahasa merupakan bentuk komunikasi yang dapat diucapkan, ditulis, atau diisyaratkan dengan didasarkan oleh sebuah aturan atau simbol. Perkembangan bahasa ini diperlukan untuk mengembangkan aspek bahasa. Perkembangan bahasa ini akan sangat berkembang dengan pesat dengan adanya stimulus dengan anak, terutama pada usia 2 tahun anak mengalami perkembangan bahasa yang pesat anak akan mulai bisa mengenal konsep sederhana. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah perkembangan Bahasa anak X memiliki stimulasi yang kuat dari lingkungan, dengan tujuan mengetahui apakah stimulasi yang diberikan oleh lingkungan berhasil pada proses perkembangan bahasa pada anak X. Penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menjadikan peneliti sebagai instrumen kunci dengan hasil penelitian yang akan menjawab hipotesis peneliti. Penelitian ini lebih menekankan tentang bagaimana lingkungan keluarga menjadi faktor utama berkembangnya bahasa pada anak. Stimulus serta rangsangan yang diberikan secara baik maka akan diserap dengan baik oleh anak. Hasil dari penelitian ini, peneliti menyimpulkan perkembangan bahasa pada anak X dari usia 15 bulan- 23 bulan memiliki stimulasi yang baik dengan adanya stimulasi dari keluarga dan lingkungan sekolah anak
Downloads
References
Elima, kartika, rosalia. 2021. “peningkatan kesatuan bahasa anak usia dini melalui media pembelajaran interaktif budaya jawaâ€, dalam jurnal Obsesi : jurnal pendidikan anak usia dini, 5(1), 150-157
Hernimawati. 2018. Model implementasi kebijakan penataan reklame. Surabaya : CV. Jakad. Publishing Surabaya.
Hoff, Erika. (2014). Language Development Fifth Edition. United States Of America: Wadsworth, Cencage Learning.
Imam Muthie, Yaswinda. 2019. Stimulus kesantunan berbahasa anak usia dini di PAUD Hauriyah Halum, Padang. Dalam Indonesian Journal of : Islamic Early Childhood Education, 4(2), 127-136).
Indah Permatasari suardi Suardi, Syahrul R, Yasnur Asri. 2019. Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265-273.
Maharani, Surya. 2019. Pengaruh media boneka tangan (wayang) terhadap perkembangan Bahasa (kosakata) kelas B TKIT Baitul Jannah Kemiling Bandar Lampung.
Nandia Intan Suradinata, Ega Asnatasia Maharani. 2020. Pengaruh bercerita berbantuan media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara anak. Jurnal for Education Research : jurnal pendidikan anak usia dini, 1(1), 28-37.
Karnemi, D., Fuziah, D. N & Syafrida, R. (2021). Implementasi metode bercerita terhadap kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun di paud sahabat kecamatan rawamerta. Jrnal pendidikan anak usia dini. Review from https://www.ejournal.ihdn.ac.id?idndex.php/PW/issue/archive
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.