PENGEMBANGAN PRODUKSI BATIK CIPRAT DESA GARON SECARA KREATIF, INOVATIV DAN MODEREN PADA PROGRAM HOLISTIK PEMBINAAN DAN PEMBERDAYAAN DESA (PHP2D)

Dhea Septya Sahnanda

Abstract


Abstrak

Batik merupakan warisan nenek moyang yang perlu dilestarikan keberadaannya dengan berkembangnya zaman batik menjadi hal yang cukup popular dengan corak yang beragam. Batik saat ini juga menjadikan identitas suatu daerah. Dengan hal ini maka, dilakukannya pelatihan membatik di desa Garon Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan melalui Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa dengan motif pada batik yang di buat adalah hasil atau semberdaya alam yang banyak dijumpai pada des aini. Penelitian ini menggunakan metode ceramah dan melihat secara langsung perubahan yang terjadi sebelum dan setelah dilakukan kegiatan. Sehingga didpatkannya hasil bahwa masyarakat yang mengikuti pelatihan berkembang semua sebanyak 16 masyarakat saat ini mengetahui bagaimana proses membatik, bahan dan alatnya. Sehingga hal ini bisa menjadikan tambahan penghasilan masyarakat sekitar.

Kata kunci : Batik, Perekonomian, motif baru


Full Text:

PDF_4

References


Afkar, K., Masrufah, A., Fawaid, A. S., Alvarizi, D. W., Khoiriyah, L., Miftahul Khoiriyah, M., . . . Ramadhan, M. N. (2020). BUDIDAYA MAGGOT BSF (BLACK SOLDIER FLY) SEBAGAI PAKAN ALTERNATIF IKAN LELE (CLARIAS BATRACUS) DI DESA CANDIPARI, SIDOARJO PADA PROGRAM HOLISTIK PEMBINAAN DAN PEMBERDAYAAN DESA (PHP2D). Journal of Science and Social Development, , Vol. 3 (2020): 10-16.

Alicia, T. A. (2020). FILOSOFI MOTIF BATIK SEBAGAI IDENTITAS BANGSA. Trixie, 2.

Kustiyah, E., Iskandar. (2016). Batik Sebagai Identitas Kultural Bangsa Indonesia Di Era Globalisasi, GEMA,THN XXX/52/Agustus 2016 - Januari 2017, 2466-2470, Universitas Islam Batik Surakarta, Surakarta.

Rohmani Taufiqoh, B., Nurdevi, I., Khotimah, H. (2018). Batik Sebagai Warisan Budaya Indonesia, Prosiding SENASBASA, Edisi 3, 58-65, Universitas Veteran Bangun Nusantara


Article Metrics

Abstract has been read : 93 times
PDF_4 file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v10i2.11225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Care published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
PE has ISSN: 2355-2034 (printed) & ISSN: 2527-9513 (online)

Creative Commons License
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats