Media Big Book dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v10i2.11167Keywords:
huruf hujaiyah, media big bookAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena masih kurangnya kemampuan anak mengenal huruf – huruf hijaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf – huruf hijaiyah, pada indikator sebagai berikut, kemampuan mengetahui huruf hijaiyah, membedakan huruf hijaiyah, menulis huruf hijaiyah. Subyek dari penelitian ini yaitu 15 anak kelompok A PAUD Hidayatusibyan Rawamerta dan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat langkah yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya proses perkembangan kemampuan mengenal huruf hijaiyah melalui media bigbook. Hasil tersebut dapat dilihat dari kegiatan praobservasi sampai siklus II, hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak dengan penggunaan media Big Book, dapat dibuktikan dengan rata – rata tingkat capaian perkembangan kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak pada pra tindakan memperoleh persentase sebesar 31,1%, dan mengalami peningkatan sebesar 21,1% sehingga pada siklus I persentase yang diperoleh 52,2%, dan pada siklus II memperoleh persentase sebesar 77,7%, sehingga peningkatannya sebesar 25,5%
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.