PENGARUH MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PERUMAHAN CIKANDE PERMAI
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v10i2.10964Keywords:
Media Sosial Youtube, Kemampuan Menyimak Anak Usia 4-5 TahunAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial youtube terhadap kemampuan menyimakkanak usia 4-5 tahun di Perumahan Cikande Permai. Metode yang digunakan dalam riset ini yaitu metode survei. Populasi dalam penelitian sebanyak 128 orang, teknik pengambilan sampel yang digunaka Purposive Sampling yang berjumlah 30 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan kuisioner atau angket. Data yang didapatkan dari kuesioner lalu dikumpulkan dan di analisis menggunakan bantuan program IBM SPSS. Pengujian hipotesis yang dipakai pada penelitian ini memakai uji regresi linear sederhana karena hasil data yang telah di uji berdistribusi normal. Dari hasil analisis tersebut di dapatkan  nilai koefesien korelasi sebesar 0,593 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima maka terdapat pengaruh yang signifikan antara media sosial youtube terhadap kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahunndi perumahan cikande permai dan dapat di lihat persamaan regresi Y= 37.394 + 0.507X dan nilai koefesien detirminasi atau R squaree0,352 artinya besarnya nilai kontribusi variabel media sosial youtube dalam mempengaruhi variabel kemampuan menyimak anak sebesar 35,2%.
Downloads
References
Ahmad, Dewi Sintia, and Asdi Wirman. 2020. “Penggunaan Media Youtube Kids Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun.†JFACE Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education 2(3):311–19.
Anggraini, Vivi. 2019. “Stimulasi Keterampilan Menyimak Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini.†Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 3(1):30–44. doi: 10.19109/ra.v3i1.3170.
Angreany, Femmy, Nurming Saleh, and Misnah Mannahali. 2021. “YouTube-Based Audio Visual Media in German Listening Learning.†Proceeding of The International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT) 1728–36.
Awang, Rambu Ery Ana. 2016. Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Semarang.
Burroughs, Benjamin. 2017. “Youtube Kids: The App Economy and Mobile Parenting.†Social Media and Society 3(2). doi: 10.1177/2056305117707189.
JR, Ricci Rahmatillah, Amir Luthfi, and Mohammad Fauziddin. 2018. “Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia Dini.†Aulad : Journal on Early Childhood 1(1):39–51. doi: 10.31004/aulad.v1i1.5.
Kurnia, Rita. 2019. Bahasa Anak Usia Dini. 1st ed. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Luviana, Anatashya, and Santi Delliana. 2020. “Pengaruh Terpaan Tayangan Animasi Nussa Official ( Cuci Tangan Yuk ) Di Youtube Terhadap Perilaku Imitasi Anak.†Jurnal Ilmu Komunikasi 3(2):44–50.
Palupi, Intan Diyah Retno. 2020. “Pengaruh Media Sosial Pada Perkembangan Kecerdasan Anak Usia Dini.†Journal Edukasi Nonformal 127–34.
Putra, Asaas, and Diah Ayu Patmaningrum. 2018. “Pengaruh Youtube Di Smartphone Terhadap Perkembangan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Anak.†Jurnal Penelitian Komunikasi 21(2):159–72. doi: 10.20422/jpk.v21i2.589.
Ririn Puspita, Tutiasri, Laminto Niko Kurniawan, and Nazri Karim. 2020. “Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa Di Tengah Pandemi Covid-19.†Juurnal Komunikasi Masyarakat Dan Keamanan (KOMASKAM) vol.2, No(26556–6125):1–15.
Rochanah, Luluk. 2016. “Pengaruh Metode Bercerita Bermedia Audio Visual Terhadap Perkembangan Bahasa Dalam Hal Menyimak Dan Berbicara.†Jurnal Program Studi PGRA 2(1):1–8.
Setiadi, Erik Fahron, Alia Azmi, and Junaidi Indrawadi. 2019. “Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial.†Journal of Civic Education 2(4):313–23. doi: 10.24036/jce.v2i4.135.
Siyoto, Sandu, and Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: literasi media.
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan. bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 2015. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. bandung: CV Angkasa.
Downloads
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.