PEMANFAATAN VLOG BAGI KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v9i2.10758Keywords:
Kemampuan Berbicara, Anak Usia 5 tahun, VlogAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat vlog bagi kemampuan berbicara anak usia 5 tahun. Subyek pada penelitian ini yaitu anak usia 5 tahun beserta orang tuanya. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode narrative research dengan pendekatan kualitatif. Subyek pada penelitian ini berjumlah 1 anak dan orang tua yang memiliki Channel Youtube bernama DenDis. Instrumen yang digunakan unuk mengumpulkan data adalah lembar wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya manfaat vlog bagi kemampuan berbicara anak usia 5 tahun tidak terlepas dari peran orang tua yang membimbing, mengajarkan, dan memotivasi anak untuk lancar berbicara di depan kamera, mengetahui banyak kosakata baru yang anak belum ketahui serta anak memahami bagaimana berbicara yang baik dan dapat dipahami oleh orang lain.
Â
Downloads
References
Amini, M. (2014). Hakikat Anak Usia
Dini. Perkembangan Dan Konsep
Dasar Pengembangan Anak Usia
Dini, 65.
repository.ut.ac.id/4697/1/PAUD41
-M1.pdf
Bochner, S., & Jones, J. (1998). Child
language development: Learning to
talk.
Folia Phoniatrica et
Logopaedica,
(4).
http://www.questia.com/googleSch
olar.qst?docId=5008352774
Dahlia, L., Thamrin, M., & Ali, M.
(2013). Kemampuan Berbicara
Menggunakan Bahasa Indonesia
Anak Usia 5-6 Tahun Tk Keranjik.
Jurnal Pendidikan Dan
Pembelajaran Untan, 2(9), 1–18.
David, E. R. (Eribka), Sondakh, M.
(Mariam), & Harilama, S. (Stefi).
(2017). Pengaruh Konten Vlog
Dalam Youtube Terhadap
Pembentukan Sikap Mahasiswa
Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu
Sosial Dan Politik Universitas Sam
Ratulangi. Acta Diurna, 6(1),
https://www.neliti.com/publications
/93363/pengaruh-konten-vlog
dalam-youtube-terhadap
pembentukan-sikap-mahasiswa
ilmu-kom
F, A. M., Sumardi, S., & Elan, E. (2020).
Meningkatkan Kemampuan
Berbicara Anak Melalui Metode
Bercerita Dengan Menggunakan
Boneka Tangan Pada Kelompok B
Di Tk Plus Salsabil Kabupaten
Cirebon.
Jurnal Paud Agapedia,
(1),
–23.
https://doi.org/10.17509/jpa.v3i1.26
Febriani, S., & Wahid, U. (2018).
Pemakanan khalayak terhadap gaya
komunikasi jokowi pada vlog
#jokowimenjawab episode 2 di
situs youtube (analisis resepsi stuart
hall). Pantarei, 2 No 3(Vol 2 No 3
(2018): PANTAREI), 1–8.
http://jom.fikom.budiluhur.ac.id/ind
ex.php/Pantarei/article/view/305
Hemah, E., Sayekti, T., & Atikah, C.
(2018). Meningkatkan Kemampuan
Bahasa Anak Melalui Metode
Bercerita Pada Anak Usia 5-6
Tahun. Jurnal Penelitian Dan
Pengembangan Pendidikan Anak
Usia Dini,
(1), 1.
https://doi.org/10.30870/jpppaud.v5
i1.4675
Ii, B. A. B., & Berbicara, A. K. (2014).
Studi Deskriptif Kemampuan...,
Anestuti Galuh Pangestuti,
Fakultas Psikologi UMP, 2014. 10–
Kuncoro, A. M., Putri, A. O., Pradita, A.,
Manajemen, P. S., Ekonomi, F., &
Jember, U. (n.d.). VLOGGER
SEBAGAI SALURAN MENUJU
GENERASI MILENIAL
PRODUKTIF INDONESIA. 193–
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua
dalam Mendukung Kegiatan
Pembelajaran di Rumah pada Masa
Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1),
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i
630
Markus, N., Kusmiyati, K., & Sucipto, S.
(2018). Penguasaan Kosakata
Bahasa Indonesia Anak Usia 4-5
Tahun. Fonema, 4(2), 102–115.
https://doi.org/10.25139/fonema.v4
i2.762
Roswati, E. (2020). Meningkatkan
Kosakata Anak Usia Dini Melalui
Permainan Chinese Whispers.
Jurnal PG-PAUD Trunojoyo :
Jurnal Pendidikan Dan
Pembelajaran Anak Usia Dini,
(1), 32–36.
https://doi.org/10.21107/pgpaudtru
nojoyo.v7i1.6420
Sari, M. (2018). Peran Orang Tua Dalam
Menstimulai Perkembangan Bahasa
Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan
Dan Perkembangan Anak, I(2), 37–
Suciati, S. (2018). Peran Orang Tua
Dalam Pengembangan Bahasa
Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal
Inovasi Pendidikan Guru
Raudhatul Athfal, 5(2), 358.
https://doi.org/10.21043/thufula.v5i
3480
Sunaryanto, M. (2015). Upaya
Meningkatkan Kemampuan
Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun
Dengan Media Poster Di TK Aba
Wonotingal Poncosari Srandakan
Bantul Yogyakarta.
Http://Journal.Student.Uny.Ac.Id/O
js/Index.Php/Pgpaud/Article/View/
Tempel, A. B., Wagner, S. M., &
McNeil, C. B. (2009). Parent-child
interaction therapy and language
facilitation: The role of parent
training on language development.
The Journal of Speech and
Language Pathology – Applied
Behavior Analysis, 3(2–3), 216–
https://doi.org/10.1037/h0100241
Winda Sutiana1, Antara, P. A., & Ujianti,
P. R. (2016). Penerapan Metode
Bercakap-Cakap Ganekap
Berbantuan Media Kotak
Bergambar Untuk Meningkatkan
Kemampuan Berbiacara Anak Paud
Nurul Jihad. E-Journal Pendidikan
Anak Usia Dini Universitas
Pendidikan Ganesha, 4(2), 1–10
Downloads
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.