Media Bola Aritmatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini

Authors

  • Kurnia Shafa Universitas singaperbangsa Karawang
  • Astuti Darmiyanti UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
  • Nancy Riana UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v9i2.10325

Abstract

Kemampuan berhitung anak perlu distimulasi sejak dini. Hal itu perlu dilakukan  menggunakan kegiatan yang menyenangkan. Nyatanya di PAUD Naratas kemampuan berhitung anak rendah. Oleh karena itu    penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak di kelompok A PAUD Naratas Rawamerta Kabupaten Karawang tahun pelajaran 2020/2021 melalui media bola aritmatika. Penelitian ini menggunakan  penelitian tindakan kelas dengan  model Kemmis dan Mctaggart. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelompok A PAUD Naratas yang berjumlah   15 anak. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak. Pada pra siklus kemampuan berhitung anak sebesar 30,4% dan meningkat sebesar 22,6% pada siklus 1 menjadi 53%, kemudian meningkat kembali sebesar 24% pada siklus II menjadi 77%. Berdasarkan hal tersebut ditemukan bahwa peningkatan terjadi melalui penggunaan  media bola aritmatika disetiap siklusnya.  

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-31

Issue

Section

Articles