PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIDANG PENGEMBANGAN BAHASA SISWA TK DHARMA WANITA DESA DUWET TULUNGAGUNG MODEL GOTONG ROYONG TAHUN PELAJARAN 2007/2008

Authors

  • Minarsih Minarsih TK Dharma Wanita Duwet Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v2i2.1026

Keywords:

Prestasi belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Model Gotong Royong, Bidang Pengembangan Bahasa

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia tidak lagi mengutamakan pada pencapaian target kurikulum, tetapi mengutamakan pengembangan kemampuan dan pengembangan keterampilan berpikir. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar siswa TK Dharma Wanita Desa Duwet Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung menggunakan penerapan pembelajaran dengan model gotong royong. Instrumen yang digunakan  adalah observasi, angket, wawancara dan tes. Analisis data menggunakan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan peningkatan yaitu respon siswa dari awal I,20, siklus I 1,28, dan siklus II 1,77. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif model Gotong Royong dapat meningkatkan prestasi belajar anak pada bidang pengembangan bahasa.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-02-16

Issue

Section

Articles