Upaya Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Balok di PAUD PLAMBOYAN 3 KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v9i2.10139Keywords:
Kecerdasan Visual Spasial, kognitif, Bermain Balok, kreatif, anak usia3-4 tahun.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan visual spasial anak melalui kegiatan bermain balok. Penelitian ini dilakukan di PAUD Plamboyan 3 Karawang dengan subjek penelitian 6 orang anak. Data awal observasi 66,7% atau 4 orang anak belum mengenal bentuk geometri ( lingkaran, persegi, dan segitiga), anak belum bisa menentukan arah kanan dan kiri, belum mengenal warna serta merancang suatu bentuk menjadi bangunan sederhana dengan menggunakan balok. Sedangkan sisanya 2 orang anak atau 33,3% sudah mulai berkembang dalam menunjukkan kecerdasan visual spasialnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan observasi dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan kecerdasan visual spasial anak pada siklus I sebesar 45,6% dan siklus II sebesar 79% pada indikator sebagai berikut : 1.) Anak mengenal bentuk goemetri, 2.) Anak mengenal arah kanan dan kiri, 3.) Anak mengenal warna, 4.) Anak mengenal gambar dan nama bangunan, 5.) Merancang suatu bangunan sederhana, 6.) Memahami persamaan dua bentuk, 7.) Memahami perbedaan dua bentuk. Peneliti berharap dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan penelitian kembali kedepannya, dan dijadikan sebagai sumber penelitian bagi penelitian yang relevan.
Â
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2006). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktikâ€. Jakarta : Rineka Cipta
Aqib, Zainal, dkk. 2009. Penelitian tindakan kelas untuk Guru SD, SLB, TK. Bandung : Irama Widya
Ine Nirmala dan Feronica Eka Putri.(2015).1039-2900-1-Sm.Pendidikan Pascasarjana Magister PAI,2(1)125-144.
Hasanah, L., & Agung, S. (2020). Kemampuan Pengenalan Geometri Melalui Kegiatan Bermain Balok Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 2(2), 115–124. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i2.24538
Hurlock, Elizabet.B. (1978). “Perkembangan Anak†Jilid 1. Jakarta. Erlangga
Kasbolah, Kasihani. (1998). “Penelitian Tindakan Kelas†Malang: Depdikbud
Kunandar. (2008). †Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelasâ€. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Lathifah, L., Pendidikan, F. I., & Madura, U. T. (2013). ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok A ). 19–27
Lilo Just, 2012 Kecerdasan Visual Spasial (online),dalam ojokcerdas//jikaanak.berimajinasi-lewatgambar//30/17/201.
Musfiroh, T. (2014). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelegences), 1–60. http://repository.ut.ac.id/4713/2/PAUD4404-TM.pdf
Mary, Mayesty, (1990). “Belajar Melalui Bermain Bagi Anak†Jakarta : Rieneke
RACHMAT, F. (2017). Kontribusi Permainan Konstruktivis (Media Balok) Dengan Peningkatan Kemampuan Kognitif. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 238–251. https://doi.org/10.21009/jpud.112.04
Rahmasari, A. N., & Prasetyo, A. (2017). Penigkatan Kemampuan Visual Spasial Anak Melalui Bermain Balok pada Kelompok B PAUD Al Azzam Semarang Tahun ajaran 2013/2014. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.26877/paudia.v2i2.1635
Rosidah, L.(2014). Peningkatan Kecerdasan Anak Usia Dini Melalui Permainan Maze TK Utsmanil Hakim Bogor. Paudia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
https://doi.org/10.21009/JPUD.082
Yaumi, Mohammad. 2012. Model Pembelajaran Multiple Intellences. Jakarta : Dian Rakyat
Downloads
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.