Upaya Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Balok di PAUD PLAMBOYAN 3 KARAWANG

Nurhandayani Nurhandayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan visual spasial anak melalui kegiatan bermain balok. Penelitian ini dilakukan di PAUD Plamboyan 3 Karawang dengan subjek penelitian 6 orang anak. Data awal observasi 66,7% atau 4 orang anak belum mengenal bentuk geometri ( lingkaran, persegi, dan segitiga), anak belum bisa menentukan arah kanan dan kiri, belum mengenal warna serta merancang suatu bentuk menjadi bangunan sederhana dengan menggunakan balok. Sedangkan sisanya 2 orang anak atau 33,3% sudah mulai berkembang dalam menunjukkan kecerdasan visual spasialnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan observasi dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan kecerdasan visual spasial anak pada siklus I sebesar 45,6% dan siklus II sebesar 79% pada indikator sebagai berikut : 1.) Anak mengenal bentuk goemetri, 2.) Anak mengenal arah kanan dan kiri, 3.) Anak mengenal warna, 4.) Anak mengenal gambar dan nama bangunan, 5.) Merancang suatu bangunan sederhana, 6.) Memahami persamaan dua bentuk, 7.) Memahami perbedaan dua bentuk. Peneliti berharap dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan penelitian kembali kedepannya, dan dijadikan sebagai sumber penelitian bagi penelitian yang relevan.

 


Keywords


Kecerdasan Visual Spasial, kognitif, Bermain Balok, kreatif, anak usia3-4 tahun.

Full Text:

PDF_3

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik”. Jakarta : Rineka Cipta

Aqib, Zainal, dkk. 2009. Penelitian tindakan kelas untuk Guru SD, SLB, TK. Bandung : Irama Widya

Ine Nirmala dan Feronica Eka Putri.(2015).1039-2900-1-Sm.Pendidikan Pascasarjana Magister PAI,2(1)125-144.

Hasanah, L., & Agung, S. (2020). Kemampuan Pengenalan Geometri Melalui Kegiatan Bermain Balok Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 2(2), 115–124. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i2.24538

Hurlock, Elizabet.B. (1978). “Perkembangan Anak” Jilid 1. Jakarta. Erlangga

Kasbolah, Kasihani. (1998). “Penelitian Tindakan Kelas” Malang: Depdikbud

Kunandar. (2008). ” Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas”. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Lathifah, L., Pendidikan, F. I., & Madura, U. T. (2013). ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok A ). 19–27

Lilo Just, 2012 Kecerdasan Visual Spasial (online),dalam ojokcerdas//jikaanak.berimajinasi-lewatgambar//30/17/201.

Musfiroh, T. (2014). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelegences), 1–60. http://repository.ut.ac.id/4713/2/PAUD4404-TM.pdf

Mary, Mayesty, (1990). “Belajar Melalui Bermain Bagi Anak” Jakarta : Rieneke

RACHMAT, F. (2017). Kontribusi Permainan Konstruktivis (Media Balok) Dengan Peningkatan Kemampuan Kognitif. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 238–251. https://doi.org/10.21009/jpud.112.04

Rahmasari, A. N., & Prasetyo, A. (2017). Penigkatan Kemampuan Visual Spasial Anak Melalui Bermain Balok pada Kelompok B PAUD Al Azzam Semarang Tahun ajaran 2013/2014. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.26877/paudia.v2i2.1635

Rosidah, L.(2014). Peningkatan Kecerdasan Anak Usia Dini Melalui Permainan Maze TK Utsmanil Hakim Bogor. Paudia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

https://doi.org/10.21009/JPUD.082

Yaumi, Mohammad. 2012. Model Pembelajaran Multiple Intellences. Jakarta : Dian Rakyat


Article Metrics

Abstract has been read : 570 times
PDF_3 file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v9i2.10139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Care published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
PE has ISSN: 2355-2034 (printed) & ISSN: 2527-9513 (online)

Creative Commons License
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats