Pola Asuh Orang Tua di Masa Pandemi COVID-19 di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Tapan Kabupaten Pesisir Selatan
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v9i1.10036Keywords:
Pola Asuh, Orang Tua, Pandemi Covid-19Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pola asuh orang tua yang dominan dalam mendidik anak di masa pandemi covid-19 di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Tapan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini ialah semua orang tua yang anaknya bersekolah di taman kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Tapan yang berjumlah 40 orang tua, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ialah seluruh orang tua (ayah dan ibu) yang anaknya bersekolah di taman kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Tapan berjumlah 80 orang, dan sampel penelitian ini adalah berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian ini adalah model angket yang setiap responden dapat memilih jawaban dengan cara memberikan tanda check (√). Yang telah dilakukan uji validitas dan realibilitas dan hasilnya valid dan reabel. Berdasarkan pada hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa pola asuh orang tua di masa pandemic covid-19 bahwa pola asuh orang tua yang dominan dalam mendidik anak di masa pandemi covid di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Tapan menggunakan pola asuh dominan demokratis baik dari pilihan jawaban jenis kelamin laki-laki (ayah) dan jenis kelamin perempuan (ibu).
Â
Downloads
References
Anggraeni, C. S., Hidayati, N., Khoirulliati, K., & Farisia, H. (2020). TREND POLA ASUH ORANG TUA DALAM MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 4(2), 109-119.
Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pendidikan Anak: Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33-48
Amini, M., & Aisyah, S. (2014). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 1-43
Anisah, A. S. (2017). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), 70-84
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance of Childhood Education for Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).
Adhim, M. F. (2006). Positive Parenting: Cara-Cara Islami Mengembangkan Karakter Positif Pada Anak Anda. PT Mizan Publika.
Bun, Y. (2020).Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. CAHAYA PAUD, 2(1).
Dariyo, Agus. (2004). Psikologi Perkembangan Remaja, Ghalia Indonesia.
Hana, P. P. (2017) Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interkasi Sosial Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 1(1) 1-18
Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241-256.
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan AnakUsia Dini, 5(1), 549.
Martsiswati, E., & Suryono, Y. (2014). Peran Orang Tua dan Pendidik dalam Menerapkan Perilaku Disiplin terhadap Anak Usia Dini. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 1(2), 187-198.
Pebriana, P. H. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-11.
RL, M. A. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring di Rumah. TARBAWI, 9(2), 129-140.
Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.