PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN GUIDED INQUIRY MODEL DAPAT MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Juli Sukimarwati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui pengaruh pembelajaran biologi dengan Guided Inquiry Model terhadap peningkatan keterampilan proses sains dan prestasi belajar siswa. Subyek penelitian adalah kelas XI IPA3 SMAN 6 Madiun  yang berjumlah 34 siswa.  Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus.  Setiap siklus meliputi empat tahap yaitu: 1). Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Data didapat dari hasil observasi keterampilan proses sains, dan nilai prestasi belajar siswa berdasarkan Post tes dan Ulangan harian. Uji coba soal Ulangan harian telah dilakukan untuk mengetahui validitas, tingkat kesulitan, dan daya beda soal. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa deskriptif yang meliputi: 1) Deskripsi data, 2) Pembahasan, dan 3) Kesimpulan


Keywords


Guided Inquiry Model; Keterampilan Proses Sains; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 565 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/florea.v4i1.1047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya



 

Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya indexed by:

Copyright Florea: Jurnal Biologi & Pembelajarannya

View Florea Stats