EFEKTIVITAS CREATIVE PROBLEM SOLVING DISERTAI LKS TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI KELAS VII SMPN
DOI:
https://doi.org/10.25273/jems.v8i2.6121Keywords:
Model Creative Problem Solving, Disertai LKS, Pencemaran Lingkungan, Hasil Belajar, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Creative Problem Solving disertai LKS terhadap hasil belajar dan motivasi siswa pada materi Pencemaran Lingkungan kelas VII SMPN 2 Pontianak. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) dengan rancangan nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIG sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah dengan cara Intact Group. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang berjumlah 20 butir soal. Rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model Creative Problem Solving disertai LKS sebesar 17,89 lebih tinggi bila dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 16,94. Dari uji U Mann Whitney, diperoleh yaitu 5,33 > 1,96, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model Creative Problem Solving disertai LKS dan pembelajaran konvensional. Nilai effect size yang diperoleh sebesar 0,65 termasuk dalam kategori sedang dan memberikan kontribusi sebesar 24,22%. Hasil motivasi belajar kelas eksperimen yaitu 85,6% tergolong sangat kuat dan kelas kontrol yaitu 79,5% tergolong kuat.
Â
Â
Â
Downloads
References
Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.
Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.
Hadi, S. (2015). Metodologi Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, M. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mita, R. 2009. Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Semester II SMP N 1 Lebaksiu pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Skripsi, FMIPA, Jurusan Matematika, Universitas Negeri Semarang.
Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiaan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.
Prastowo, A. (2013). Bahan Ajar Tematik: Tinjauan Teoritis & Praktik. Yogyakarta: Kencana Prenada Group.
Pratiwi, W.T., Lia Y. dan Agus, S. 2013. Pengaruh Penerapan Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XI IPA MAN 3 Malang. Skripsi, FMIPA, Jurusan Fisika, Universitas Negeri Malang.
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Putri, R.C., Syakbaniah dan Ratnawulan. 2015. Pengaruh Penerapan LKS Berbasis Model Creative Problem Solving pada Materi Bunyi, Cahaya dan Alat Optik terhadap Hasil Belajara IPA Siswa Kelas VIII SMPN 3 Padang. Jurnal Pillar of Physics Education, 6, 9-16.
Riduwan. (2014). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Sani, R.A. (2016). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sani, R.A. (2019). Pembelajaran Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: Tira Smart.
Sardiman, A.M. (2016). Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sutrisno, L. (2010). Effect Size. (Online). (http://www.scribd.com/doc/131910444/Meta-Analisis-Effect-Size#scribd.
Takari, E. (2010). Model Pembelajaran Kooperatif IPA 2. Jakarta: Ganesindo.
Tamrin, M.B. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Limit Fungsi Aljabar (Penelitian pada Siswa Kelas XI - IPA SMA Negeri 4 Kota Ternate). Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 31-42.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, H.B. dan Nurdin, M. (2015). Belajar dengan Pendekatan PAIKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, H.B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Winarni, E.W. 2012. Inovasi dalam pembelajaran IPA. Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu.
Yahya, M. 2013. Pengembangan Kreativitas Siswa dalam Proses Pembelajaran di Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu Jember. Jurnal Fenomena, 5(1).
Ziqri, I.M. dan Supriyanto. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving pada Materi Sistem Pernapasan di SMAN 1 Jatibarang Brebes. Unnes Journal of Biology Education, 3(3), 254-260.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.