Etnomatematika pada Rumah Bersejarah Peninggalan Belanda di Desa Ragung Kecamatan Pangarengan

Nurul Fajaria Putri, Moh Zayyadi

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas etnomatematika dan konsep – konsep matematika apa saja yang terdapat pada bangunan rumah bersejarah peninggalan belanda di desa ragung kecamatan pangarengan ini. Dalam penelitian ini, peneliti meenggunakan penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan etnotografi. Pemilihan informan pada penelitian ini peneliti sebagai peneliti utama dan pemilihan subyek pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajiandata, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Berdasarkaan penelitian yang dilakukan terbukti adanya aktivitasetnomatematika pada rumah bersejarah peninggalan belanda ini dan ditemukan konsep – konsep matematika seperti bangun datar, bangun ruang, dan tranformasi geometri. Konsep - konsep matematika yang terdapat pada rumah bersejarah peninggalan belanda ini dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika sebagai salah satu alternatif pembelajaran.

Keywords


Etnomatematika; Rumah Peninggalan Belanda

Full Text:

Untitled

References


Agustina, Z. F., Masfingatin, T., & Maharani, S. (2022). Analysis of Mathematics Communication Capabilities in Linear Program Problem Solving during the Covid-19 Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 519-528.

Ambardi, W. N., Gembong, S., & Krisdiana, I. (2022, August). Analisis pemahaman konseptual siswa mengenai volume prisma segitiga ditinjau dari gender. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 277-286).

Astuti, M. D., Apriandi, D., & Krisdiana, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbasis Active Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Self-Efficacy. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 552-564.

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of

D'Ambrosio, U. (2001). What is ethnomathematics , and how can it help children in schools ?

Dhofir, D. H., Nisa, S., & Zayyadi, M. (2019). Loteng (Selodor Bhanteng): Media nostalgia dalam menanamkan konsep matematika pada anak Madura. Jurnal Elemen, 5(2), 220-230.

Etnomatematika: Eksplorasi Candi Borobudur. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(1), 13-26

Hamzah, F. N., Setyansah, R. K., Ningsih, M. K., & Sholikhah, O. H. (2022). Efektivitas Model Group Investigation dan Snowball Throwing Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kreativitas Siswa Kelas X SMKN 1 Wonoasri. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 40-54.

Hasanah, S. I., Hafsi, A. R., & Zayyadi, M. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis etnomatematika dalam membangun pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 10(2), 183-191.

Indriyarti, L 2017. Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang .MI. Jurnal Ilmiah Ilmiah “Pendidikan Dasar” IV (1) : 21-31

Indriyarti, L 2017. Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang .MI. Jurnal Ilmiah Ilmiah “Pendidikan Dasar” IV (1) : 21-31

Latifa, A. N., Setyansah, R. K., Ningsih, M. K., & Malawi, I. (2022). Pengembangan Media Manipulatif Puzzle Game pada Materi Kombinasi Permutasi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(5), 1457-1466.

Maharani, A., & Maulidia, S. (2018). Etnomatematika Dalam Rumah Adat Panjalin.

mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44-48.

Nisa, K., Rusmana, I. M., & Ahmad, D. N. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Rumah Kebaya Betawi. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 8.

Nuralia, L. (2017). Struktur Sosial pada Rumah Pejabat Tinggi Perkebunan Zaman Hindia Belanda di Jawa Bagian Barat. Kapata Arkeologi, 1-20.

Pasuruan

Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi etnomatematika masyarakat Sidoarjo. Ejournal Unnes, 1(1), 1-8.

Rahmawati, P., Adamura, F., & Apriandi, D. (2022, August). Pengembangan liveworksheet terintegrasi pendekatan STEM pada materi bangun ruang kubus dan balok. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 1111-1117).

Soekiman,D., 2000, Kebudayaan Indis dan Gaya Hidup Masyarakat Pendukungnya di Jawa; Penerbit Bentang, Yogyakarta , tanpa tahun. Buku Selayang Pandang Kota

Sukada, Budi A. (2002). Kemunculan Gaya Hindia Baru. In Tjahjono Gunawan (Ed.), Indonesian

Sukiman, Djoko. (2000). Kebudayaan Indis dan Gaya Hidup Masyarakat Pendukungnya di Jawa (Abad XVIII - Medio Abad XX). Jogjakarta: Bentang Budaya.

Suprapto, E., Krisdiana, I., Apriandi, D., & Yuanawati, F. R. (2023). Development of Steam-C Integrated Student Worksheets to Improve Creative Thinking Ability on Flat Side Building Materials. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 549-564.

Teaching Children Mathematics, 7(6), 308–311

Tylor, E. B. (2016). Primitive Culture Volume I (Dover Thrift Editions). New York, NY: Dover Publications.

Utami, R. N. F., Muhtadi, D., Ratnaningsih, N., Sukirwan, S., & Hamid, H. (2020).Etnomatematika: Eksplorasi Candi Borobudur. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(1), 13-26.

Utami, R. N. F., Muhtadi, D., Ratnaningsih, N., Sukirwan, S., & Hamid, H. (2020).

WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 224-235.

Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013, November). Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. In Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Prosiding, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta: UNY (Vol. 1, No. 1).

Wardani, A. E., Masfingatin, T., & Maharani, S. (2022, August). Pengembangan Modul Digital Berbasis Etnomatematika Pada Materi Transformasi Geometri. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 1096-1103).

Zayyadi, M. (2018). Eksplorasi etnomatematika pada batik madura. Sigma, 2(2), 36-40.

Zayyadi, M. (2019). Etnomatematika Budaya Madura (Budaya Madura dan Matematika) (Vol. 128). Duta Media Publishing.

Zayyadi, M., Hasanah, S. I., & Surahmi, E. (2018). Ethnomatematics Exploration in Traditional Games As A Form Of Student’Social Interaction. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 125-132.


Article Metrics

Abstract has been read : 293 times
Untitled file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i2.16277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats