Pengembangan Alat Peraga Dari Bahan Bekas Pada Materi Perubahan Energi Siswa Kelas IV SD

Fikroh Fitriah, Patricia Lubis, Arief Kuswidyanarko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggembangkan alat peraga dari bahan bekas pada materi perubahan energi siswa kelas IV SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) serta menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kevalidan serta kepraktisan alat peraga dari bahan bekas. Adapun hasil yang didapatkan oleh peneliti dari hasil penelitian lapangan adalah validasi media 74%, validasi materi 96% serta kepraktisan yang didapat dengan menyebarkan angket siswa didapatkan hasil 65%. Maka alat peraga dari bahan bekas berupa mobil balon batu baterai pada materi perubahan energi dinyatakan valid dan praktis.


Keywords


Alat Peraga; Bahan Bekas; Perubahan Energi

Full Text:

PDF

References


Alim, Z. (2020). IPA Dasar Untuk PGMI/PGSD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Atrisna, & Lubis, P. (2017). Pengaruh Metode Demostrasi Dengan Menggunakan Alat Peraga Pipa Venturi Terhadap Pemahaman Konsep Fluida Dinamis Kelas XI di SMA Unggul Negeri 8 Palembang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA.

Cahyadi, A. R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Education Juornal.

Cahyadi, R. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Education Journal.

Fitria, R. N., Nabila, R. F., Wardani, M. P., Zalsabella, M. P., Pertiwi, W., & Darmadi, D. (2021). Respon Mahasiswa Pendidikan Matematika Unipma Dalam Memecakan Masalah Geometri Ditinjau Dari Aspek Filsafat Ilmu Selama Perkuliahan Daring. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 76-84.

Hardianti, T., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran Perubahan Energi IPA Kelas IV SD Negeri Margagiri 2. Bionatural.

Kandi, & Winduono, Y. (2012). Energi Dan Perubahannya. Bandung: PPPPTK IPA.

Lefudin. (2017). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Maharani, M., Wati, M., & Hartini, S. (2017). Pengembangan Alat Peraga Pada Materi Usaha Dan Energi Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Inkuiri Discovery Learning (IDL Terbimbing). Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika.

Mugianto, Ridhani, A., & Arifin, S. (2017). Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Siswa Kelas X SMA. Ilmu Budaya.

Nuvitasari, A., Citra, N., & Martiana, N. (2019). Implementasi SAK EMKM Sebagai Dasar Penyususnan Laporan Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Internasional Journal Of Social and Bussiness.

Pambudi, B., Efendi, R. B., Nopianti, L. A., Nopitasari, D., & Ngazizah, N. (2018). Pengembangan Alat Peraga IPA Dari Barang Bekas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal Of Primari Education.

Pradana, L. N., Kesmawan, A. P., & Maharani, S. (2019). Energy literacy-based learning activities on female students. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(8).

Septiani, Y. D., Lubis, P., & Ratnaningdyah, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA. Jurnal Luminous.

Simamora, D. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Menyelesaikan Materi Sumber Energi Dan Kegunaan Pada Mata Pelajaran IPA kELAS IV SD Negeri 048099 Payambelang Tahun Ajaran 2019/2020.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sulaiman, & Tegar, T. (2019). Kebutuhan Energi Pada Pembuatan Papan Partikel Dari Tandan Kosong Kelapa Sawit, Serbuk Kulit Pinus Dan Akasia. Rang Teknik Journal.

Suprapto, E., Setyansah, R. K., & Devina, D. (2021). GeoGebra Application Based Tutorial Materials to Improve Spatial Mathematics Abilities in Vocational High Schools. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 27(2), 175-181.

Tobing, P. S., Sulistiawati, & Lubis, P. (2021). Pengembangan Alat Peraga (Tanda) Tangga Nada Berbahan Bekas Pakai Materi Resinasi Bunyi Untuk Meningkatkan Pengentahuan Kognitig Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Luminous.

Yuliarisma, S. A., Darmadi, D., Ningrum, P. P., Safitri, A., Prasetyo, Y. E., & Nisa, K. (2021). Peran Orang Tua Dalam Menyeimbangkan Psikologi Anak Pada Pembelajaran Matematika Masa Covid 19. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 70-75.


Article Metrics

Abstract has been read : 1167 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats