Perbedaan Analisis Data Dengan Metode Manual, Metode SPSS, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Fattah Lamongan

M. Wahib, Ahmad Noor Fatirul, Djoko Adi Walujo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Perbedaan hasil belajar mahasiswa dalam menganalisis data antara yang menggunakan metode manual dan metode SPSS. Perbedaan hasil belajar mahasiswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah dalam menganalisis data. Interaksi antara metode penggunaan analisis dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Pengujian hipotesisnya menggunakan ANOVA 2 arah. Tempat penelitian di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Fattah Lamongan. Kesimpulan pada penelitian ini adalah: Terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa dalam menganalisis data antara yang menggunakan metode manual dan metode SPSS, dengan metode analisis data menggunakan SPPS lebih baik hasil belajarnya dari pada metode manual. Motivasi belajar tinggi lebih efektif dari pada motivasi belajar rendah dalam menentukan hasil belajar mahasiswa, ini artinya terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa antara yang memiliki motivasi belajar rendah dan motivasi belajar tinggi. Adaanya Interaksi antara penggunaan metode analisis dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa

Keywords


metode analisis;motivasi belajar;hasil belajar

Full Text:

PDF

References


A. Tabrani Rusyan, d. (2005). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.

Astuti, dkk. (2012), Pengaruh Motivasi Belajar Dan Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Kelas VIII SMP PGRI 16 Brangsong Kabupaten Kendal, Economic Education Analysis Journal, Unnes Semarang.

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Afandi, M. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud. (1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dewi, E. R. (2018, April). Metode Pembelajaran Modern Dan Manual Pada Sekolah Menengah Atas. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, Volume 2 Nomor 1 April 2018 , 44.

Kemendikbud, P. D. (2014). Modul Pembelajaran SPSS. Jakarta: PDSP.

Mizdalifatuz Zahrotul Jannah, Pengaruh Fasilitas Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di MI Bustanul Ulum Budu Sambiloto Jombang, Tesis, UIN Maliki, Malang http://etheses.uin-malang.ac.id/9956/1/15760035.pdf

Prihartini (2017), Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA, Jurnal Jurnal Formatif 7, lpps unindra

https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/viewFile/1831/1460

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wulandari, (2018), Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC Di SMK, Jurnal Invotek Pendidikan Vikasi UNY.

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/viewFile/1600/1333


Article Metrics

Abstract has been read : 401 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v10i1.11360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats