Analisis Tingkat Kognitif Soal Uji Kompetensi Buku Matematika Wajib Kelas XI Terbitan Intan Pariwara Materi Matriks Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi

Tri Mardianti Atikah Putri, Hanifah Hanifah, Nur Aliyyah Irsal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebaran tingkat kognitif soal uji kompetensi pada buku matematika wajib Kelas XI terbitan Intan Pariwara materi matriks berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Taksonomi Bloom Revisi yang digunakan dalam penelitian ini adalah dimensi kognitif yang terdiri dari enam tingkat kognitif yaitu, mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah soal uji kompetensi pada buku matematika wajib Kelas XI terbitan Intan Pariwara. Soal pada bab matriks terdiri dari 99 soal dengan uji kompetensi tersebut terdiri atas tingkat kognitif mengingat (C1) sebanyak 1 soal (1%), tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 6 soal (6,1%), tingkat kognitif mengaplikasikan (C3) sebanyak 88 soal (88,9%), tingkat kognitif menganalisis (C4) sebanyak 4 soal (4%), serta tidak ditemukan soal dengan tingkat kognitf mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6)

Kata kunci: Soal Uji Kompetensi, Tingkat Kognitif, Taksonomi Bloom.

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom (2010th ed.). Terjemahan oleh Agung Prihantoro. 2010. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ariyana, Y., Pudjiastti, A., Bestary, R., & Zamrony. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

BSNP. (2014). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Badan Stadar Nasional Pendidikan.

Djaali. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif (B. S. Fatmawati (ed.)). Jakarta: Bumi Aksara.

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghala Indonesia

Maemunah, S., & Ramlah. (2019). Analisis Buku Teks Siswa SMP Kelas VIII Pokok Bahasan Teorema Pythagoras ditinjau dari Taksonomi Bloom. Prosiding Sesiomadika, 2(4), 903–922.

Rohmah, Z. F., Budiyono, & Purwaningsih, W. I. P. (2021). Analisis Soal-Soal Penilaian Harian dalam LKS Mata Pelajaran Matematika SMA Terbitan PT Penerbit Intan Pariwara Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. 6, 37–41.

Sugiyono. (2019a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. (Sutopo (ed.)). Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono. (2019b). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta


Article Metrics

Abstract has been read : 1271 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats