Pengembangan modul hipno-Neuro Linguistic Programming (NLP) untuk mengatasi stage fright Mahasiswa

Rapikah Rapikah, Casmini Casmini

Abstract


Stage fright sebagai sebuah masalah yang sering kali dialami oleh mahasiswa baru dapat menghambat mahasiswa dalam menjalankan tugas lapangan pada proses perkuliahan dan dalam proses menyampaikan materi di dalam kelas. Dalam peneitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian R&D, peneliti mengembangkan sebuah panduan terapi yang menggabungkan teknik hipnosis dan Neuro Linguistic Programming (NLP) yang diujicobakan kepada Mahasiswa baru UIN Sunan Kalijaga. Hasil uji coba dari modul panduan tersebut menunjukkan bahwa satge fright dapat diminimalisir dengan hypnosis dan NLP yang dalam penelitian ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan nilai baru kepada klien dengan menggunakan pengembangan model Hipno-NLP untuk membuat bentuk anchor baru yang bertujuan mengatasi stage fright.


 Abstract: Stage fright as a problem that is oftentimes be experienced by new college students is obstructive in obeying assignment of study, either field assignment or presenting assignment in class. This research used Research and Development method and developed a therapeutic guide which combines hypnosis and Neuro Linguistic Programming (NLP) techniques and were tested on new students of UIN Sunan Kalijaga. The trial results of the guide module indicate that there is a significant effect on the subjects within both of these tools serve as a medium for entering new values to clients by using the development of the Hipno-NLP model to create new anchor that aim to overcome the stage fright


Keywords


Hipnosis, Neuro Linguistic Programming, Stage Fright

Full Text:

PDF

References


Abdivarmazan, M., & Sylabkhori, Z. (2016). Effectiveness of training of Neuro-Linguistic Programming (NLP) strategies on reducing social anxiety. World Scientific News, 60, 67–77.

Adriansyah, M. A., Diah, R., & Netty, D. P. (2015). Pengaruh Terapi Berpikir Positif dan Cognitive Behavior Therapy (CBT) Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Jurnal Psikostudia Universitas Mulawarman, 4(2), 105–125.

Agustin, R. R., Koeryaman, M. T., & DA, I. A. (2020). Gambaran Tingkat Cemas, Mobilisasi, dan Nyeri pada Ibu Post Operasi Sectio Sesarea di RSUD dr. Slamet Garut. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada : Jurnal Ilmu Ilmu Keperawatan, Analis Kesehatan Dan Farmasi, 20(2), 223–234.

Albalawi, K. S. (2014). Effectiveness of Neuro-Linguistic Programming on Enhancing Univerity Student’ Quality of Life. Journal of Arts & Sciences, 7(6), 431–442.

Andinny, Y. (2013). Pengaruh Konsep Diri dan Berpikir Positif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 126–135.

Berutu, I. W. (2013). Action Power. PT Alex Media Komputindo.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1989). Educational Research: An Introduction (5th ed.). Longman.

Bradford, C. (1963). How to hypnotize. Stravon Publisher.

Dryden, G., & Vos, J. (1999). The Learning Revolution: To Change The Way The World Learns. Torrance, CA: The Learning Web.

DS, A. I., Kristiawati, S. P., & Supriadi. (2014). Pengaruh Hipnoterapi Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan pada Pasien yang Menjalani Kemoterapi di RS Telogorejo Semarang. Jurnal Ilmu Perawatan dan Kebidanan, 1–10.

Faiz, A., Yandri, H., Kadafi, A., Mulyani, R. R., & Nofrita. (2019). Pendekatan Tazkiyatun An-Nafs untuk membantu mengurangi emosi negatif klien. Counsellia: Jurnal Bimbingan Konseling, 9(1), 65–78.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational Research: An Introduction. Longman.

Gunawan, A. W. (2011). Born To Be Genius. PT Gramedia Pustaka Utama.

Hasibuan, M. T. D., & Mendrofa, H. K. (2019). Pengaruh Hipnoterapi Terhadap Stres Belajar dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kota Medan. Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi, 2(1), 42–46.

Hendriyanto, B., Sriati, A., & Fitria, N. (2012). Pengaruh Hipnoterapi Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Padjadjaran Angkatan 2011. Students E-Journal, 1(1).

Ilmy, B. (2008). Pendidikan Agama Islam. Penerbit Grafindo Media Pratama.

Jayanti, A. F. (2019). Perbedaan Keikutsertaan Hypnobirthing dengan Tingkat Kecemasan Ibu Hamil dalam Menghadapi Persalinan di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 91–98.

Latipun. (2017). Psikologi Konseling. UMM Press.

Mambu, J. Y., Wahyudi, A., & Posumah, F. (2019). Aplikasi Simulasi Public Speaking Berbasis Virtual Reality. Cogito Smart Journal, 4(2), 327–336.

Mayrawati, A. C. C. (2019). Peran Relawan Sosial dalam Pengembangan Karakter Anak di Surabaya Children Crisis Center. J+Plus UNESA, 8(1).

Mousavi, E., Esmaeili, A., & Saless, S. S. (2015). The Effect of Positive Thinking on Quality of Live and Resiliency of Cancer Patient. Rzavi International Medicine, 3(3), 24–28.

Nazila, & Yuliana. (2019). Pengaruh Beban Kerja Dan Stress Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan Perwakilan Provinsi Aceh. SEMDI UNAYA, 273–282.

Nelson-Jones, R. (2012). Pengantar Keterampilan Konseling. Pustaka Pelajar.

Niraski, V. (2015). Pengaruh Hipnoterapi Terhadap Tingkat Nyeri Pada Ibu Post Sectio Caesarea Di Rsb Jeumpa Pontianak Tahun 2015. Jurnal Proners, 3(1), 1–11.

Nugraha, A. B., Ramalis, T. R., & Purwanto. (n.d.). Pengembangan Bahan Ajar Web Fisika SMP Berorientasi Literasi Sains pada Materi Kalor. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 2(1), 11–14.

Nurmaliyah, F. (2013). Menurunkan stres akademik siswa dengan menggunakan teknik self instruction / Faridah Nurmaliyah [Thesis]. Universitas Negeri Malang.

Othman, A. S. (2019). Terapi Negative Thinking Dalam Meningkatkan Percaya Diri Pada Seorang Guru Sekolah Menengah Kebangsaan Tinjar Baram Miri Sarawak. Undergraduate, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Indonesia. http://digilib.uinsby.ac.id/30299/

Palmer, S. (2011). Konseling dan Psikoterapi. Pustaka Pelajar.

Putra, I. (2016). Yes-Set Conditioning. Sertifikasi Neo NLP, Trawas.

Rahman, A. (2010). Pengembangan Pegawai melalui Perencanaan Pelatihan yang Efektif. Jurnal Borneo Administrator, 6(2), 1–17.

Ramayulis. (2016). Psikologi Agama (11th ed.). Kalam Mulia.

Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial dan Konestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Dian Andalas Padang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 291–286.

Rasmun. (2004). Stress Koping dan Adaptasi. Salemba Humanika.

Sabati, F. (2017). Hubungan antara Tingkatan Berpikir Positif dengan Kecemasan Berkomunikasi Mahasiswa. Psychopolitan, 1(1), 31–38.

Saleh, H., & Warsito. (2019). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Model Siklus 7E Berbantuan Hypnotheaching. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 158–174.

Sheoran, P. (2016). Effectiveness of NLP in Dealing with Guilt Induced Anxiety, Depression and Stress: A case Study. The International Journal of Indian Psychology, 4(1), 147–156.

Soh, A. S. (2015). Turbo Speed Hipnotis. Spasi Media.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan. Alfabeta.

Triana, K. D. L., & Yanti, N. P. E. D. (2018). Neuro-Linguistic Programming: Solusi Tingkatkan Self-Efficacy Perawat di Rumah Sakit. Bimiki, 6(2), 18–27.

Wikanengsih. (2012). Menerapkan Neurolinguistic Programming (NLP) dalam Pembelajaran. Semantik, 1(1), 31–45.

Zeig, J. K. (1980). Symptom prescription and Ericksonian principles of hypnosis and psychotherapy. American Journal of Clinical Hypnosis, 23(1), 16–22.


Article Metrics

Abstract has been read : 1795 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/counsellia.v10i2.5816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Counsellia is Indexed By:


Counsellia Office:
Universitas PGRI Madiun
Program Studi Bimbingan dan Konseling
 

View Counsellia Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.