PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DAGANGAN KABUPATEN MADIUN TAHUN AJARAN 2010/2011

Kardi Kardi, Yohni Alimin Prasongko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar dan
minat belajar baik secara bersama-sama maupun secara individual terhadap prestasi
belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dagangan Kabupaten Madiun Tahun Ajaran
2010/2011.
Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel acak (sampel
random) yaitu mengambil 45 siswa atau 20,54% dari jumlah populasi kelas VIII yang
berjumlah 219 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode teknik angket. Dalam
menganalisis data menggunakan analisis dua prediktor dan Uji F.
Uji kedisiplinan belajar (X1) rhit = 0,492 rtab = 0,294 ini berarti Ha diterima,
maka ada pengaruh antara variabel X1 terhadap variabel variabel Y. Uji minat
belajar(X2) r hit = 0,783 < rtab = 0,294 ini berarti Ha diterima, maka ada pengaruh antara
variabel X2 terhadap variabel variabel Y. Dari hasil uji F. Freg = 32,984 Ftab = 3,22
ini berarti Ha diterima sehingga ada pengaruh antara variable x dalam arti kedisiplinan
belajar dan minat belajar terhadap variable Y dalam arti prestasi belajar.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kedisiplinan belajar
dan minat belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Dagangan Kabupaten Madiun Tahun Ajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukkan dengan
perolehan hasil analisis data.


Keywords


Kedisiplinan Belajar;Minat Belajar;Pestasi Belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 1248 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/counsellia.v2i1.204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Counsellia is Indexed By:


Counsellia Office:
Universitas PGRI Madiun
Program Studi Bimbingan dan Konseling
 

View Counsellia Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.