Efektivitas Cinemateherapy dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self-efficacy Akademik Siswa

Ervinda Rosana Maghfira, Maghfirotul Lathifah

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan problematik yang terjadi pada siswa kelas IX di UPT SMPN 15 Gresik yang menunjukkan tingkat self-efficacy akademik rendah khususnya dalam mata pelajaran Bahasa inggris. Tujuan penelitian ini guna mengetahui efektivitas cinematherapy dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan self-efficacy akademik siswa. Rancangan penelitian yang digunakan, yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Experimental Design yakni Nonequivalent Control Group Design. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 14 siswa dalam kategori self-efficacy akademik rendah, terdiri dari kelompok eksperimen dengan jumlah 7 siswa dan sebagai kelompok kontrol 7 siswa. Metode pengumpulan data diperoleh dari skala pengukuran self-efficacy akademik. Teknik analisis data melalui uji Independent Sample T Test dengan bantuan program SPSS 25.0. Hasil analisis memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 karena (0,000<0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima, maka terdapat perbedaan hasil self-eficacy siswa setelah diberikan treatment cinematherapy dalam bimbingan kelompok pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang tidak diberikan treatment. Artinya, Cinematherapy dalam Bimbingan Kelompok efektif untuk meningkatkan Self-efficacy Akademik siswa kelas IX di UPT SMPN 15 Gresik khususnya dalam mata pelajaran Bahasa inggris.

Keywords


Cinematherapy, Bimbingan Kelompok, Self-efficacy Akademik

Full Text:

PDF

References


Aginza, I. V., & Lathifah, M. (2021). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Media Cynema Theraphy Untuk Meningkatkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Borneo, 3(1). https://doi.org/10.35334/jbkb.v3i1.2000

Ahmad, A., & Safaria, T. (2013). Effects of Self-Efficacy on Students’ Academic Performance. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 2(1), 22–29.

Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian edisi revisi. UMM Press.

Azlina, Y. (2022). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Cinema Therapy Dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa SMP XYZ. Jurnal Akrab Juara, 7(5), 29–40. https://en.wikipedia.org/wiki/Cinema_therapy

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: the exercise of control. Choice Reviews Online, 35(03). https://doi.org/10.5860/choice.35-1826

Campbell, D. T., & Cronbach, L. J. (2002). Experimental and Designs for Generalized Causal Inference.

Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research.

Danny, W. P. (2014). Cinema Theapy: An Idea for Recreational Therapists. http://www.dannypettry.com/CTbook.pdf

Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. (2003). Educational Research: an Introduction (7. ed). New York: Logman Inc.

Gregerson, M. B. (2010). The cinematic mirror for psychology and life coaching. In The Cinematic Mirror for Psychology and Life Coaching. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-1114-8

Hardianto, G., Erlamsyah, E., & Nurfahanah, N. (2014). Hubungan antara Self-Efficacy Akademik dengan Hasil Belajar Siswa. Konselor, 3(1), 22. https://doi.org/10.24036/02014312978-0-00

Jayati, B. D., & Nuryono, W. (2018). Pemanfaatan Cinema Therapy dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self Efficacy Karir Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Baureno Bojonegoro. Jurnal BK UNESA.

Malkoç, A., & Mutlu, A. K. (2018). Academic self-efficacy and academic procrastination: Exploring the mediating role of academic motivation in Turkish university students. Universal Journal of Educational Research, 6(10), 2087–2093. https://doi.org/10.13189/ujer.2018.061005

Mazidah, I. N., & Winingsi, E. (2022). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Cinema Therapy Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Karir Siswa. Jurnal BK UNESA, 13(1), 760–771.

Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). Dampak efikasi diri terhadap proses dan hasil belajar matematika. Journal on Teacher Education, 1(2), 26–32. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/514

Nuriyadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Gramasurya.

Oktavia, I. D. A., & Wiyono, B. D. (2020). Hubungan Motivasi Berprestasi dan Self-Efficacy Akademik dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 33 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 11(4), 491–506. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/33953/30297

Prasetiyowati, L., & Setiawati, D. (2022). Peningkatan Self-Efficacy Akademik Siswa SMP Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Cinema Therapy. Jurnak BK UNESA, 1163–1172.

Purwanti, A. (2018). Keefektifan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Self Efficacy. Indonesian Journal Of Guidance And Counseling: Theory And Application, 7(4), 1–8. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Romlah, T. (2020). Teori Dan Praktek Bimbingan Kelompok. Universitas Negeri Malang.

Sagita, D. D., Daharnis, D., & Syahniar, S. (2017). Hubungan Self Efficacy, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi Akademik Dan Stres Akademik Mahasiswa. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 1(2), 43. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v1n2.p43-52

Sari, D. R. (2020). Cinema Therapy Untuk Meningkatkan Academic Self-Efficacy Siswa Kelas XI-IPS SMA Negeri 4 Bojonegoro. Jurnak BK UNESA, 11(1), 95–101.

Schunk, D. H. (1991). Self-Efficacy and Academic Motivation. Journal of Property Research, 3(26), 207–231. https://builtsurvey.utm.my/

Setiawan, M. A. (2015). Model Konseling Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Akademik Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1), 8–14.

Setyawan, D. A. (2020). Petunjuk Praktikum Uji Normalitas & Uji Homogenitas Data dengan SPSS. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Sulistyowati, E., & Setiawati, D. (2016). Pemanfaatan Cinema Therapy Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Pemahaman Tentang Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa Kelas VIII Di Smp Negeri 2 Menganti. Jurnal BK UNESA, 2(6), 1–10.

Suwanto, I., & Tamyizatun Nisa, A. (2017). Cinema therapy sebagai intervensi dalam konseling kelompok. Proceedings | Jambore Konselor, 3, 147–152. http://jambore.konselor.org/

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Wicaksono, G. (2018). Efektivitas Metode Cinematherapy Terhadap Peningkatan Konsep Diri Positif Siswa Sma the Effectiveness of Cinematherapy Methodtoward Improving Positive Self Concept on High School Student. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(6), 305–313.

Wolz, B. (2011). Cinema Therapy: Using the Power of Imagery in Films for the Therapeutic Process. http://www.shamonjgifts.com/wp-content/uploads/2011/11/cinematherapy.pdf

Wu, A. Z. (2008). Appliying Cinema Therapy with Adolescents and A Cinematherapy Workhsop. East Bay: California State University.


Article Metrics

Abstract has been read : 497 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/counsellia.v13i2.17283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Counsellia is Indexed By:


Counsellia Office:
Universitas PGRI Madiun
Program Studi Bimbingan dan Konseling
 

View Counsellia Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.