Pengembangan Modul Berbasis Konseling Model Kipas untuk Meningkatkan Nilai Karakter Peduli Sosial

Norliana Lestari Suhaib, Akhmad Sugianto, Ali Rachman

Abstract


Abstrak: Pergeseran kehidupan dapat mengurangi kepedulian sosial yang disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya arus modernitas yang kian mekanis sehingga relasi yang berbasis ketulusan semakin tidak bisa dirasakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas modul Kupas Inti Persaudaraan Antar Sesama (KIPAS) dapat digunakan untuk meningkatkan nilai karakter peduli sosial siswa pada kelas XI SMA Negeri 6 Banjarmasin. Penelitian menggunakan pendekatan Mix Method dengan jenis penelitian pengembangan model Borg & Gall. Alat pengumpulan data menggunakan angket skala likert dan teknik penarikan sample dengan cara purposive sampling. Sample yang diperoleh berjumlah enam orang siswa kelas XI. Data di analisis menggunakan teknik analisis ICC dan Wilcoxon. Hasil penelitian yang didapat adalah modul KIPAS dapat meningkatkan nilai karakter peduli sosial, dilihat dari adanya perbedaan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan signifikan asymp sig (2 tailed) = 0,028 < 0,05 menggunakan Uji Wilcoxon. Data tersebut sejalan dengan Uji Modul yang menggunakan ICC, dimana Modul KIPAS berguna, layak, dan tepat digunakan untuk meningkatkan nilai karakter peduli sosial peserta didik kelas XI di SMA Negeri 6 Banjarmasin.

Abstract: Shifts in life can reduce social awareness caused by various factors, including the current of modernity which is increasingly mechanical so that relationships based on sincerity can no longer be felt. This study aims to develop and test the effectiveness of the Peel Core Brotherhood (KIPAS) that can be used to increase the value of the social care character of students in class XI SMA Negeri 6 Banjarmasin. The research uses a Mix Method with the type of research being the development of the Borg & Gall model. The data collection tool used a Likert and the purposive sampling. The samples obtained were six students of class XI.analysis techniques ICC and Wilcoxon. The results obtained are that the KIPAS can increase the value of social care characters, seen from the differences before and after being given treatment with a significant asymp sig (2 tailed) = 0.028 < 0.05 using the Wilcoxon. The data is in line with the Module Test that uses the ICC, where KIPAS is useful, appropriate, and appropriate to use to increase the value of the social care character of class XI students at SMA Negeri 6 Banjarmasin.


Keywords


KIPAS Module; KIPAS Counseling; Social Care.

Full Text:

PDF

References


Agung. (2005). Konsep Pendidikan Karakter Islami; Kajian Epistemologis, 52–70.

Ariantini, Nisa Dkk. (2019). Konstruksi Teknik Konseling Berbasis Budaya Model Kipas Untuk Meningkatkan Kecakapan Sosial Dan Kematangan Karier Siswa. Jurnal nusantara of research 2019, vol.6, no.1, 26-32 P-ISSN: 2579 3063/ E-ISSN: 2355-7249 http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor.

Christiani, L. C., & Ikasari, P. N. (2020). Generasi Z dan Pemeliharaan Relasi Antar Generasi dalam Perspektif Budaya Jawa. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 4(2), 84–105.

Dharmawan, Nyoman Sadra. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa Pada Mahasiswa DiPerguruan Tinggi. Mahasiswa PTS di Lingkungan Kopertis Wilayah VIII. https://fkh.unud.ac.id/uploads/wp/2014/09/Pnddkn-Karakter-Bngs-NS-Dharmawan-2014.pdf.

Habsy,Bakhrudin All, & Wahyuni,Fitri. (2019). Scientific Foundation Of Nusantara Culture Based Counseling Model: Kipas (Konseling Intensif Progressif Adaptif Struktur). European Journal of Education Studies ISSN: 2501 - 1111 ISSN-L: 2501 – 1111 Volume 5 Issue 9. Available on-line at: www.oapub.org/edu

Harahap, Maskhairani. (2018). Penerapan Konseling Eksitensial Humanistik Berbasis Nilai Budaya Tapsel Dalam Kesetaraan Gender Untuk Meningkatkan Self Esteem Pada Remaja Putra. 2018. No. 2 Vol. 1.

Jumini, dkk. (2015). PeningkatanKarakter Kepedulian SosialMelalui metode bercerita pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa,4(4)http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/9650/9442.

Lalu, Siprianus Lita. Dkk. (2017). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai-Nilai Budaya Nagekeo Untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa SMP di Kabupaten Nagekeo Florest NTT. Jurnal Bimbingan dan konseling,6(2), http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk

Mappiare-AT, A. (2017). Meramu Model Konseling Berabsis Budaya Nusantara: KIPAS (Konseling Intensif Progresif Adaftif Struktur). Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam bidang Ilmu Budaya Konseling Pada Fakultas Ilmu Pendidikan Indonesia.

Mufrihah, Arina. (2018). Bimbingan dan Konseling (Teori-teori hubungan interpersonal, keterampilan konseling dan teknik konseling). Bandung: Alfabeta.

Naim, Ngainum. (2012). Character Building (Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa). Jogjakarta: Ar Ruz Media.

Prabowo, DL. Nurmiyati & Maridi. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Potensi Lokal pada Materi Ekosistem sebagai Bahan Ajar di SMAN 1 Tanjungsari, Gunungkidul. Proceding Biology Education Conference, 13 (1). Dari https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5692

Rozhana, Kardiana Metha & Nila Kartika Sari. (2018). “Efektivitas Sosiodrama dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial di Sekolah Dasar”: Jurnal ilmu pendidikan, 1 (1).

Setyaputri, Nora Yuniar. (2017). Karakter Ideal Konselor Multibudaya Berdasarkan Nilai Luhur Semar. 2017. No. 2 Vol. 2.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, I(1), 47–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Sugianto, Akhmad. Dkk. (2020). Analisis Need Assessment Siswa Smp Generasi Z Terhadap Pelayanan Bk Di Sekolah Se-Kota Banjarmasin. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman 6(1), https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/BKA/article/view/2892.

Sugianto, Akhmad. (2020). Workshop Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Guru Bimbingan dan Konseling SMP. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Msyarakat Vol 6. Issue 1. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/pengabdianmu/article/view/1647

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Moxed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.

Susilaningtiyas, Arnita. (2016). Implementasi Karakter Peduli dalam Kegiataan Kemahasiswaan di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: FIS Universitas Negeri Semarang.

Tabi’in, A. (2017). Menumbuhkan Sikap Peduli pada Anak melalui Interaksi Kegiatan Sosial. Jurnal IJTIMAIYA. Vol. 1. No. 1 (http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/ijtimaia/article/download/3100/2309

Udayana & I Made Rustika. (2015). Hubungan antara perilaku menolong dengan konsep diri pada remaja akhir yang menjadi anggota TIM bantuan medis janar duta fakultas kedokteran, 2 (2).

Yaumi, Muhammad. (2014). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta:Kencana.


Article Metrics

Abstract has been read : 583 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/counsellia.v13i1.12401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Counsellia is Indexed By:


Counsellia Office:
Universitas PGRI Madiun
Program Studi Bimbingan dan Konseling
 

View Counsellia Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.