Implementasi Bimbingan dan Konseling Sebagai Penunjang Pembentukan Godly Character Mahasiswa Universitas Pelita Harapan

Susanna Kathryn, Albert Andreas, Donny Charles Chandra, Wiryohadi Wiryohadi, Apin Militia Christi

Abstract


Postmodern menyebabkan semua menjadi relatif. Termasuk dalam melakukan kebenaran Firman Tuhan dan teladan dalam membangun karakter pemuda. Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi bimbingan dan konseling yang digunakan Universitas Pelita Harapan dalam menunjang perkembangan karakter mahasiswa dan mengidentifikasi faktor-faktor hambatan yang terjadi dalam pelaksanaannya. Hasil penelitian ini adalah implementasi yang digunakan memprioritaskan nilai-nilai firman Tuhan. Target yang ingin dicapai adalah membentuk mahasiswa untuk memiliki karakter ilahi. Proses bimbingan dan konseling diberikan melalui: (1) Penasihat akademik; (2) Organisasi rohani spiritual growth for student; (3) Asrama; (4) Lembaga konseling HOPE. Proses bimbingan dan konseling dilaksanakan dalam bentuk: (1) Pendekatan peraturan lembaga; (2) Pemberian nasihat; (3) Pemuridan; (4) Sistem learning by doing; (5) Bimbingan kolaboratif lembaga; dan (6) Support academic. Faktor-faktor yang menjadi penghambat adalah: (1) Kompetensi SDM yang belum memadai; (2) Mahasiswa yang kurang berminat kepada program bimbingan dan konseling; dan (3) Mahasiswa yang belum dapat bersifat dewasa.

Abstrac :  Postmodern  causes  everything  to  be  relative.  Including  in  carrying  out  the truth  of  God's  Word  and  example  in  building  the  character  of  youth.  This  study  aims  to look at the implementation of guidance and counseling used by Pelita Harapan University  in  supporting  the development  of student  character  and  identify  the  obstacles that occur in its implementation. The result of this research is the implementation that is used to prioritize the values  of God's word. The target to be achieved is to form students to  have  divine  character.  The  process  of  guidance  and  counseling  is  provided  through: (1)  academic  advisors;  (2)  spiritual  organization  spiritual  growth  for  students;  (3) Dormitory;  (4)  HOPE  counseling  agency.  The  guidance  and  counseling  process  is carried  out  in  the  form  of:  (1) Institutional  regulatory  approach;  (2)  Giving  advice;  (3) Discipleship; (4) learning by doing system; (5) Institutional  collaborative guidance; and
(6)  academic  support.  The  inhibiting  factors  are:  (1)  inadequate  HR  competencies;  (2) Students  who  are  less  interested  in  the  guidance  and  counseling  program;  and  (3) Students who have not been able to become adults


Keywords


Bimbingan dan Konseling, Karakter Mulia

Full Text:

PDF

References


Abbas, S. (2014). Manajemen Perguruan Tinggi: Beberapa Catatan. Jakarta: Kencana.

Aly, A. (2017). Pengembangan Pembelajaran Karakter Berbasis Soft Skills Di Perguruan Tinggi. Ishraqi, 1(1), 18–30.

Amos Hosea. (2019). Karakteristik Pendidikan Iman dalam Pentakostalisme. Diegesis : Jurnal Teologi. https://doi.org/10.46933/dgs.vol4i251-57

Arnett, J. J. (2015). The Emerging Adult: The Winding Road From The Late Teens

Through The 20’s. New York: Oxford University Press

Benyamin, P. I., Sinaga, U. P., & Gracia, F. Y. (2021). Use of Digital “Platforms” in Christian Religious Education Learning in the Era of Disruption [Penggunaan “Platform” Digital pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Era Disrupsi]. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(1), 60–68.

Collins, G. R. (2017). Konseling Kristen yang Efektif. Malang: Literatur SAAT. Fathurrohman, P. (2014). Urgensi Bimbingan & Konseling Di perguruan Tinggi. Bandung: Refika Aditama.

Gumilang, G. S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 144–159. Retrieved from http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758

%0Awww.iosrjournals.org

Hanurawan, F. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Psikologi. Surabaya: Komisi Peningkatan Kinerja Masyarakat (KPKM) Universitas Airlangga. Harapan, U. P. (n.d.). Siapa, Apa, dan Kenapa. Retrieved May 5, 2021, from Harapan, Universitas Pelita website: https://www.uph.edu/id/about-us/our-purpose/

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga. Koesoema, D. (2015). Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius.

Kraft, C. H. (2002). Berkomunikasi Dengan Kuasa. Malang: Gandum Mas.

Kurikulum, K. P. N. B. P. dan P. P. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa. Pengembangan Pendidikan dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.

LN, S. Y., & Sugandhi, N. M. (2020). Bimbingan Dan Konseling Di Perguruan Tinggi.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Minggus Dilla. (2015). Makna Buah Roh Dalam Galatia 5: 22-23. Manna Rafflesia.

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud.

Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57.

Mukhlas, M. (2018). Implementation of Religion Values on Character Education for Grade 2 Students in Madrasah Aliyah Negeri 1 Ponorogo. Educan : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 168–186.

Muqsith, M. A. (2019). Pemuda, Globalisasi dan Perubahan Sosial. ’Adalah, 3(4), 19–25.

https://doi.org/10.15408/adalah.v3i4.17925

Nursalikah, A. (2018). Generasi Z Cemaskan Penampilan Ketimbang Karier. Retrieved May 10, 2021, from Republika.id website:

https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/trend/18/12/05/pj9i56366-generasi-z-cemaskan-penampilan-ketimbang-karier

Ridder, H. G., Miles, M. B., Michael Huberman, A., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis. A methods sourcebook. Zeitschrift Fur Personalforschung, 28(4), 485–487. https://doi.org/10.1177/239700221402800402

Rumahorbo, B., & Manalu. (2016). Sistem Pakar Konsultasi Dan Konseling Mahasiswa Bermasalah Dari Prespektif Kritiani. METHODIKA, 2(1), 139–145.

Sidjabat, B. S. (2019). Kerangka Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Berbasis Karakter di Perguruan Tinggi.

Jurnal Jaffray, 17(1), 73–90. Simanjuntak, J. (2019). Perlengkapan Seorang Konselor. Tangerang: Yayasan Pelikan.

Skeldon, G., & Waller, R. C. (2020). Generasi Penuh Hasrat: The Passion Generation.Jakarta: Literatur Perkantas.

Stillman, D., & Stillman, J. (2017). Generasi Z: Memahami Karakter Generasi Baru Yang Akan Mengubah Dunia Kerja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiono, S., & Hardori, J. (2020). Domain Desain Pembelajaran Inkarnatif. Diegesis:

Jurnal Teologi, 5(2), 14–24. https://doi.org/10.46933/dgs.vol5i214-24

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif dan R and D. In Bandung: Alfabeta.

Sukardi, I. (2016). Character Education Based on Religious Values: an Islamic Perspective. Ta’dib, 21(1), 41. https://doi.org/10.19109/td.v21i1.744

Sukartini. (2018). Bimbingan Dan Konseling Berbasis Kompetensi. Depok: Rajawali Press.

Sumardianta, J., & Kris, W. (2018). Mendidik Generasi Z&A. Jakarta: Grasindo.

Tohirin. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Dan Bimbingan

Konseling. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tucker, C., & Smith-Adcok, S. (2019). Konseling Anak-Anak dan Remaja: Counseling

Children And Adolescents. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Usman, N. (2020). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wahyu, W. (2011). Masalah dan Usaha Membangun Karakter Bangsa. Komunitas:

International Journal of Indonesian Society and Culture, 3(2), 138–149.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zahir, A., Srirahayu, A., & Ali, B. (2016). Pengembangan karakter mahasiswa melalui praktek dunia kerja. Prosiding Seminar Nasional ISSN 2443-1109, 2(1), 636–645.

Zendrato, M. D. A., Suharno, S., & Agung, L. (2020). Development of Christian Character Education Based Project Based Learning Teaching Materials to Improve Student Character. International Journal of English Literature and Social Sciences, 5(3), 740–748. https://doi.org/10.22161/ijels.53.28


Article Metrics

Abstract has been read : 1370 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/counsellia.v11i2.10364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Counsellia is Indexed By:


Counsellia Office:
Universitas PGRI Madiun
Program Studi Bimbingan dan Konseling
 

View Counsellia Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.