Pemanfaatan openknowledgemaps.org dalam menulis karya ilmiah pada mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Yogyakarta

Kodrat Eko Putro Setiawan, Muhammad Binur Huda, Wahyuningsih Wahyuningsih, Devi Cintia Kasimbara, Dedy Richi Rizaldy

Abstract


Permasalahan dalam pengembangan keterampilan mahasiswa selama ini tentang penulisan karya ilmiah dan publikasi karya ilmiah masih sering ditemukan satu di antaranya adalah belum bisa maksimal dalam mendapatkan referensi yang digunakan dalam menulis karya ilmiah. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pelatihan tentang cara mendapatkan referensi melalui openknowledgemaps.org. Kegiatan ini dilakukan secara daring dan diikuti mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta sebanyak 138 orang. Metode yang digunakan adalah metode ceramah. Metode tersebut digunakan untuk menjelaskan langkah-langkah dalam mendapatkan referensi yang tersedia di internet dan dari sumber-sumber yang terpercaya. Setelah itu peserta menindaklajuti dengan praktik yang merupakan metode demonstrasi. Tujuannya adalah peserta bisa secara langsung memahami langkah-langkah mendapatkan referensi yang akan digunakan untuk menulis karya ilmiah. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta bersemangat, antusias dan memiliki motivasi yang tinggi dalam mengikuti kegiatan ini. Kedua, peserta bisa memanfaatkan web openknowledgemaps.org untuk mendapatkan referensi dalam menulis karya ilmiah.


Keywords


openknowledgemaps.org; karya tulis illmiah; referensi.

Full Text:

PDF

References


Hernowo. (2003). Andaikan Buku Itu Sepotong Pizza: Rangsangan Baru untuk Melejitkan Word Smart. Bandung: Kaifa.

Livnat, Z. (2012). Dialogue, Science and Academic Writing. Amsterdam: John Benjamins Publishing.

Rahmawati, P., Afreza, I. N., Anshori, M. L., Putri, Q. A., & Lusiana, R. (2021). Pelatihan Bioenterpreneurship Bagi Remaja Putus Sekolah Di Loposos Desa Sambirejo untuk Meningkatkan Ekonomi Di Sektor Industri Kreatif. PATIKALA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16-23.

Sari, R. D., Masruroh, M., Fitritunnisa, W., & Lusiana, R. (2021). Terapi Aktivitas Berbasis Aquaponik Pada ODGJ Desa Paringan Ponorogo Untuk Mewujudkan Kesehatan Jiwa Di Masa Pandemi Covid 19. PATIKALA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 24-31.

Setyansah, R. K., Suprapto, E., Kurniawan, Y. G., Putri, K. D., & Dewi, E. K. (2021). Penggunaan Handsanitizer, Sabun Cuci Tangan Alami Dan Disinfektan di Desa Ngale Sebagai Strategi Penanggulangan Virus Covid–19. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 10-18.

Sugiarto, E. (2016). Implikasi Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 20/PUU-XIV/2016 terhadap Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik dan/atau Hasil Cetaknya sebagai Alat Bukti dalam Perkara Perdata. Rechtidee Journal, 11(2).

Tatminingsih, S. (2017). The Impact of ICT Use on Early-Age Children Behavior: A Case Study of 4-7 Years Old. Jurnal Pendidikan, 18(1).

Wulandari, Y., Rahmawati, A. E., Handriani, S. Z., Setyaningsih, A. A., Baidowi, A. L., & Darmadi, D. (2021). Penerapan dan Pemahaman Siswa SMP Kelas VIII terhadap Materi Pembelajaran Matematika dalam Kehidupan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 85-89.


Article Metrics

Abstract has been read : 162 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/.v1i1.13460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Kodrat Eko Putro Setiawan, Muhammad Binur Huda, Wahyuningsih Wahyuningsih, Devi Cintia Kasimbara, Dedy Richi Rizaldy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.