Biopower Pendidikan Pembebasan Generasi Muda Untuk Melanggengkan Keterbukaan Informasi Publik Desa Sendang Wonogiri
DOI:
https://doi.org/10.25273/ay.v4i2.21845Abstract
Studi ini mengkaji implementasi pendidikan pembebasan di Desa Sendang Wonogiri sebagai strategi untuk meningkatkan keterbukaan informasi publik dan membangun kewarganegaraan aktif. Studi sebelumnya umumnya fokus pada aspek regulasi dan kebijakan di tingkat pusat, sering mengabaikan dinamika implementasi lokal dan peran pendidikan dalam membentuk budaya transparansi. Berbeda dengan studi terdahulu, studi ini menyoroti peran pendidikan pembebasan dalam mempengaruhi nilai-nilai keterbukaan informasi di kalangan generasi muda desa, dengan mengintegrasikan teori Paulo Freire dan konsep biopower Michel Foucault. Studi ini menggunakan berbagai alat dalam metode peneliitian kualitatif dan teknik triangulasi untuk memastikan serta menghasilkan data yang valid. Temuan studi ini menunjukkan bahwa pendidikan pembebasan tidak hanya meningkatkan kesadaran dan partisipasi generasi muda dalam keterbukaan informasi, tetapi juga membentuk struktur kekuasaan lokal yang mendukung transparansi dan akuntabilitas. Hasil kajian ini menegaskan pentingnya pendidikan sebagai alat strategis untuk memperkuat praktik transparansi di tingkat desa dan memperbaiki pandangan kita tentang bagaimana pendidikan dapat digunakan untuk mendukung tata kelola yang lebih baik. Dengan demikian, studi ini memberikan wawasan baru tentang integrasi pendidikan pembebasan dalam konteks lokal dan menawarkan model untuk pengembangan lebih lanjut dalam kebijakan dan praktik pemerintahan desa
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Slamet Sumarto, Wahyu Beny Mukti Setiyawan, Muhammad Wildan Khunaefi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.