KRITIK SOSIAL DAN NILAI MORAL DALAM STAND UP COMEDY INDONESIA EPISODE 7 DI TELEVISI NASIONAL KOMPAS (ANALISIS WACANA TEKSTUAL DAN KONTEKSTUAL

Lisma Meilia Wijayanti, Teguh Suharto, Dwi Rohman Soleh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kritik sosial yang mucul dalam program acara Stand Up Comedy Indonesia Episode 7 Di Kompas TV, juga untuk mendeskripsikan bagaimana nilai moral dalam Stand Up Comedy Indonesia Episode 7 di Kompas TV. Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana program acara Stand Up Comedy Indonesia Episode 7 di Kompas TV sebagai sebuah media kritik sosial dan penyampaian nilai moral dengan menggunakan analisis wacana tekstual dan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan analisis wacana. Data dari penelitian ini adalah seluruh wacana yang mengandung kritik sosial dan nilai moral dalam program Stand Up Comedy Indonesia Episode 7 di Kompas TV yang diperoleh dari situs youtube yang menayangkan pertunjukan Stand Up Comedy Indonesia Episode 7. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi lalu kemudian ditranskip sebagai bahasa tulis. Teknik analisis data dilakukan dengan model analisis wacana tekstual dan kontekstual.Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) isi materi pada program Stand Up Comedy Indonesia Episode 7 di Kompas TV yang mengandung kritik sosial, 2) isi materi pada program Stand Up Comedy Indonesia Episode 7 di Kompas TV yang mengandung nilai moral, keduannya dapat ditemukan dengan menggunakan metode analisis wacana tektual dan kontekstual. Dari data temuan yang mengandung kritik sosial ditemukan beberapa jenis kritik sosial diantarannya mengenai budaya, psikologis dan ekonomi. Sementara data temuan yang mengandung nilai moral ditemukan dua prinsip yakni prinsip bersikap baik dan prinsip hormat.


Keywords


Kritik, Sosial, Nilai, Moral

Full Text:

PDF

References


Hughes, Katie J & Batten, Laura. (2016). The Development Of Social And Moral Responsibility In Terms Of Respect For The Rights Of Other. Jurnal Ilmiah Peuradeun. Volume 4. Nomor 2. http://journal.scadindependent.org/index.php/jipeuradeun/article/download/93/161).

Kaur, Sandeep. (2015). Moral Values In Education. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS). Volume 20. Nomor 3.https://pdfs.semanticscholar.org/a180/cb513943ddf674c1b86ba2ac81b07de09cd3.pdf).

Magnis Suseno, Frans. (2005). Etika Dasar Masalah-Masalah Pokok Filsafat Moral. Yogyakarta: KANISIUS.

Masyhuri, Hamidah. Suharto, Teguh. &Winarsih, Eni. (2015). Analisis Kumpulan “100 Cerita Rakyat Nusantara” Karya Dian Kristiani (Kajian Nilai Edukasi Dan Nilai Budaya). Widyabastra. Volume 3. Nomor 2. http://ejournal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra/article/download/2110/1516).

Nawari, Ahmad. (2013). Kritik Sosial Lagu “Moncik Badasi”. Pekanbaru: (online), (https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&2C5&q=kritik+sosial+lirik+lagu+moncik+badasi&btnG=#d=gs_qabs&p=&u=%23p%3DuCsFom-6VTJ , diunduh 20 April 2018).

Papana, Ramon. (2016). Buku Besar Stand Up Comedy Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.

Rani, Abdul dkk. (2006). Analisis Wacana Sebuah Kajian Bahasa Dalam Pemakaian. Malang: Bayumedia Publishing.

Rohman Soleh, Dwi. (2016). Etika Jawa Dalam Novel La Grande Borne Karya N.H. Dini.Widyabastra. Volume 04. Nomor 2.http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra/article/download/1678/1241).

Sobur, Alex. (2012). Analisis Teks Media Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Soekanto, S. & Sulistyowati, B. (2013). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Song, Lichao. (2010). The Role of Context in Discourse Analysis. Journal of Language Teaching and Research. Volume 1. Nomor 6. http://www.academypublication.com/issues/past/jltr/vol01/06/19.pdf).

Suharsaputra, Uhar. (2012). Metode Penlitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sumarlam. (2008). Analisis Wacana Lagu Puisi Cerpen Novel Drama. Bandung: Pakar Raya.

Sumarlam. (2013). Teori Dan Praktik Analisis Wacana. Surakarta: KATTA.

Wahyu, Ramdani. (2013). ISD (Ilmu Sosial Dasar). Bandung: CV PUSTAKA SETIA.

Zailani, Moh dkk. (2015). Direction Of Moral Education Teacher To EnrichCharacter Education. Jurnal Ilmiah Peuradeun. Volume 3. Nomor 1. http://journal.scadindependent.org/index.php/jipeuradeun/article/download/58/91).


Article Metrics

Abstract has been read : 1721 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v6i2.3594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats