ANALISIS SARANA RETORIKA DALAM KUMPULAN PUISI “EFROSINA” KARYA CECEP SYAMSUL HARI DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN PUISI DI SMP NEGERI 2 MAOSPATI KABUPATEN MAGETAN

Santy Oktavia Wulandari, V. Teguh Suharto, Agung Nasrulloh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui jenis-jenis sarana retorika yang digunakan pada kumpulan puisi ‘Efrosina’ Karya Cecep Syamsul Hari;                    (2) mengetahui implementasinya dalam pembelajaran puisi di SMP Negeri 2 Maospati, Kabupaten Magetan.

 Pendekatan  dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dan sumber data dalam penelitian ini yaitu kumpulan puisi “Efrosina” karya Cecep Syamsul Hari, guru dan siswa di SMP Negeri 2 Maospati Pengumpulan data menggunakan metode studi pustaka dengan teknik baca dan catat. Dalam menganalisis data menggunakan metode analisis interaktif dari Miles dan Huberman (dalam H. B. Sutopo) yang menyatakan ada 3 komponen utama adalah reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan.

 Temuan penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis sarana retorika yang digunakan oleh Cecep Syamsul Hari dalam kumpulan puisi “Efrosina” yaitu tautologi, pleonasme, paralelisme, enumerasi, paradoks, kiasmus, retorik retisense, pertanyaan retoris, hiperbola, ambiguitas, ellipsis, klimaks, antiklimaks, repetisi, asindenton, dan polisindenton. Hasil dalam mengimplementasikannya dalam pembelajaran puisi di SMP Negeri 2 Maospati, Kabupaten Magetan adalah banyak siswa yang sudah paham mengenai penggunaan unsur sarana retorika. Dari 25 siswa yang mampu menggunakan sarana retorika dalam menulis puisi, terdapat 12 siswa yang mampu, 7 siswa yang cukup mampu, dan 6 siswa yang kurang mampu.


Keywords


Sarana Retorika, Kumpulan Puisi “Efrosina” karya Cecep Syamsul Hari, Implementasi Pada Pembelajaran Puisi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 1813 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v3i2.2109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats