ANALISIS WACANA TEKSTUAL DAN KONTEKSTUAL DALAM SPANDUK IKLAN PARTAI POLITIK DAN CALON ANGGOTA LEGISLATIF TAHUN 2014 DI KABUPATEN MADIUN

Eni Winarsih

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Analisis tekstual yang meliputi kohesi leksikal dan gramatikal pada spanduk iklan partai politik dan calon legislatif tahun 2014 di Kabupaten Madiun, (2) Analisis kontekstual yang meliputi konteks situasi, prinsip interpretasi, dan prinsip penafsiran tempat pada spanduk iklan partai politik dan calon legislatif tahun 2014 di Kabupaten Madiun.

Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dalam bentuk catatan tertulis dari tekstual dan kontekstual wacana. Sumber data adalah banner iklan partai politik dalam bentuk data sebanyak 30. Partai politik iklan banner yang dikumpulkan oleh observasi dan studi dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teori. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi

Hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) analisis tekstual pada spanduk iklan partai politik dan calon legislatif tahun 2014 di Kabupaten Madiun yaitu (a) kohesi gramatikal meliputi: referensi, elipsis, konjungsi; (b) kohesi leksikal meliputi: sinonim, antonim, pengulangan, hiponim (2) analisis kontekstual pada spanduk iklan partai politik dan calon legislatif tahun 2014 di Kabupaten ditemukan konteks situasi dan budaya dengan menerapkan prinsip penafsiran personal, lokasional, dan temporal.


Keywords


analisis wacana, tekstual, kontekstual, politik

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 3301 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v2i1.2093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats