STRUKTUR DAN GAYA BAHASA DALAM SLOGAN IKLAN PADA MAJALAH KOMPUTER

Dhika Puspitasari, Rangga Agnibaya

Abstract


Penelitian yang berjudul “Struktur dan Gaya Bahasa Dalam Slogan Iklan Pada Majalah Komputer” memiliki dua tujuan. Pertama, mendeskripsikan struktur bahasa dalam slogan iklan pada majalah komputer. Kedua, mendeskripsikan gaya bahasa dalam slogan iklan pada majalah komputer. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang dikaji dan dianalisis adalah semua data yang sudah dikumpulkan dari sumber data yang ada, untuk mendeskripsikan karakteristik bahasa yang terdapat dalam slogan majalah komputer. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dan metode catat. Data penelitian ini berupa slogan iklan yang terdapat pada dua majalah komputer yaitu Info Komputer dan PC Media.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa yang digunakan dalam slogan iklan pada majalah komputer berasal dari bahasa Inggris. Adapun struktur bahasa dalam slogan iklan pada majalah komputer yaitu berupa kata tunggal, frasa, dan kalimat. Sedangkan gaya bahasa yang digunakan dalam slogan iklan pada majalah komputer berupa klimaks, repetisi, dan pararelisme.


Keywords


struktur, gaya bahasa, slogan iklan, majalah computer.

Full Text:

PDF

References


Ackerman, Laurence D. (2004). Identity is destiny. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Anggoro, M. Linggar. (2001). Teori dan Profesi Kehumasan. Jakarta: Bumi Aksara.

Jefkins, Frank. (2002). Periklanan. Jakarta: Erlangga.

Knapp, Duane. (2001). The Brand Mindset. Yogyakarta: ANDI.

Bovee W.F. & C.L. dan Arens. (1982). Contemporary Advertising. Illinois: Richard D. Irwin Inc.

Djajasudarma, T. Fatimah. (2006). Metode Linguistik. Bandung: PT Refika Aditama.

Guth, H.P. (1969). Words and the Idea (3rd edition). California: Wadsworth Publishing Company Inc.

Leech, et al. (1982). English Grammar for Today. & New Introduction. London:Mac Milan Publisher.

Mahsun. (2005). Metode Penelitian Bahasa, Tahapan Strategi, Metode, dan Tehniknya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Russel, T. dan G.Veril. (1986). Advertisement Procedure (9th edition). New Jersey: Prentice Hall.

Sudaryanto. (1992). Metode Linguistik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Cook, Guy. (1992). The Discourse of Advertising. London: Routledge.

Lutz, William. (1989). With These Words I Can Sell You Anything. In Goshgarian, Gary. (1992). Exploring Language. New York: Harper Collins Publishers.

Leigh, James H. (2004). The Use of Figures of Speech in Print Ad Headlines. In Jurnal of Advertising. Volume XXII.

Pop, Anisoara. (2007). Towards a Grammar of Advertising. In Lagos papers in English Studies Vol. 1: 32-37. Romania: University Dimitrie Cantemir.

Keraf, Gorys. (1996). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Article Metrics

Abstract has been read : 53 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v11i2.19167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats