MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA MAHASISWA MANAJEMEN KELAS 3F UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Dedy Richi Rizaldy, Estuning Hapsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai pelaksanaan dan kendala pada penerapan model inkuiri pembelajaran teks anekdot pada Mahasiswa Manajemen Kelas 3F Universitas PGRI Madiun. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan pendekatan dalam penelitian kualitatif prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata- kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati dengan metode studi kasus. Sumber primer dalam pengumpulan data ini terdiri dari wawancara dan observasi mahasiswa dan dosen, sedangkan sumber sekunder yaitu kegiatan pembelajaran, hasil penulisan pada pembelajaran menulis teks anekdot. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas yang digunakan dalam penelitain ini adalah triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini diantaranya: 1) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas menggunakan langkah-langkah model pembelajaran inkuiri dengan menyampaikan materi yang sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator pencapaian pembelajaran. 2) Kendala-kendala dalam melaksanakan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran keterampilan  menulis teks anekdot. Berdasarkan hasil penelitian penerapan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran keterampilan menulis teks anekdot yaitu perangkat pembelajaran sudah sesuai dengan kriteria kurikulum merdeka, Mahasiswa lebih aktif, bersemangat dan senang saat proses pembelajaran berlangsung. Walaupun terdapat sedikit kendala dalam perbendaharaan kata Mahasiswa yang rendah namun dapat diatasi dengan pembiasaan membaca buku yang dilakukan setiap awal pembelajaran.

 


Keywords


Model Pembelajaran Inkuiri, Keterampilan Menulis, Teks Anekdot

Full Text:

PDF

References


Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., & Gunarto, H. (2013). Model dan metode pembelajaran. Semarang: Unissula.

Astuti, N. A. I. (2020). Keefektifan Metode Inkuiri Berbantu Media SMART CARD (Kartu Pintar) Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Mahasiswa Kelas IV SD Negeri 1 Sambiyan Pada Pembelajaran Tematik. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 69-75.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal teknologi pendidikan, 10(1), 46-62.

Faizah, S. N. (2017). Hakikat belajar dan pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Dosen Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175-185.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 11.

Gumelar, F., & Mulyati, Y. (2018). MEME: Dapatkah Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Teks Anekdot?. Fajar Gumelar. Hlm, 105-117.

Kebol, Y. J., & Yusta, E. (2019). Keterampilan Menulis Teks Anekdot Mahasiswa Kelas X SMAK Santu Thomas Aquinas Ruteng Tahun Ajaran 2018/2019. PROLITERA: Jurnal penelitian pendidikan, bahasa, sastra, dan budaya, 2(1), 1-11.

Mawardi, M. (2019). Optimalisasi Kompetensi Dosen Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 20(1), 69-82.

Muhammad, M., & Nurdyansyah, N. (2015). Pendekatan pembelajaran saintifik.

Mulyati, L. (2018). Penggunaan media komik strip dalam meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot di SMK Negeri 1 Sumedang. Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2), 187-194.

Ngalimun (2017). Strategi Pendidikan. Penerbit Parama Ilmu Yogyakarta

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books, 1(1), 3-4.

Nurmalenia, C., & Arief, E. (2023). Struktur dan Diksi Teks Anekdot Mahasiswa Kelas X SMKN 1 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu Riau. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 34-44

Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. (2021). Model pembelajaran inkuiri sebagai strategi mengembangkan kemampuan berpikir kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 109-120.

Wedi, A. (2017). Konsep dan masalah penerapan metode pembelajaran: upaya peningkatan mutu pembelajaran melalui konsistensi teoretis-praktis penggunaan metode pembelajaran. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 21-28.


Article Metrics

Abstract has been read : 81 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v11i2.19058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats