REDUPLIKASI NOMINA PADA BUKU GURU BAHASA INDONESIA SMA/ MA/ SMK/ MAK KELAS XII EDISI REVISI 2018

Saskia Fitasari, Dwi Rohman Soleh, Ermi Adriani Meikayanti

Abstract


Buku guru sebagai salah satu media belajar yang sering diwajibkan digunakan di sekolah terdapat banyak variasi bahasa yang diakibatkan oleh adanya proses morfologi yaitu ditemukan komponen kata nomina dan alat pembentuk reduplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan penggunaan reduplikasi seluruh, reduplikasi sebagian, reduplikasi dengan proses pembubuhan afiks, dan reduplikasi dengan perubahan fonem pada buku guru Bahasa Indonesia SMA/ MA/ SMK/ MAK kelas XII edisi revisi 2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi pustaka. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan reduplikasi seluruh pada buku guru tersebut sebanyak 159 data berupa pengulangan bentuk dasar secara keseluruhan; 2) Penggunaan reduplikasi sebagian pada buku guru tersebut sebanyak 2 data berupa pengulangan bentuk dasar secara sebagian; 3) Penggunaan reduplikasi dengan proses pembubuhan afiks pada buku tersebut sebanyak 6 data berupa afiks yang banyak digunakan adalah sufiks –an sebanyak 4 data, prefiks ber- sebanyak 1 data, dan konfiks ke-an sebanyak 1 data; 4) Penggunaan reduplikasi dengan perubahan fonem pada buku guru sebanyak 3 data berupa perubahan fonem paling banyak menjadi fonem /a/ yaitu 2 data, pada fonem /o/ ke fonem /a/, pada fonem /i/ ke fonem /a/ sedangkan 1 data pada fonem /a/ ke fonem /i/.


Keywords


Buku, reduplikasi, nomina.

Full Text:

PDF

References


Azmi, M. U. (2015). Penerapan Buku Guru dan Buku Siswa pada Pembelajaran Penjasorkes Kelas V Semester II Di SD Negeri Se-Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes Tahun 2015/2016. Lib.unnes.ac.id.

Chaer, A. (2014). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. (2015). Morfologi Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.

Indonesia, M. P. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 51. Jakarta: Republik Indonesia.

Indonesia, M. P. (2016). Peraturan Pemerintah dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 8. Jakarta: Republik Indonesia.

Indonesia, P. P. (2013). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32. Jakarta: Menteri Republik Indonesia.

Kridalaksana, H. (2008). Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Pratiwi, S. E. (2017). Reduplikasi Pada Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata Kajian Bentuk dan Makna. Repository.unpad.ac.id.

Ramlan, M. (2012). Morfologi Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: CV. Karyono.

Retnosari, I. E. (2017). Penggunaan Reduplikasi dan Komposisi Pada Makalah Mahasiswa Malaysia UIN Sunan Ampel Surabaya. Wahana, 1.

Sarmin. (2015). Sistem Morfologi Nomina Dalam Bahasa Kulisusu. HUMANIKA, 15.

Simatupang, S. P., dkk. (2020). Reduplikasi Dalam Novel Garis Waktu Karya Fiersa Besari (Kajian Morfologi). Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryaman, M., dkk. (2018). Buku Guru Bahasa Indonesia. Surakarta: CV. Putra Nugraha.

Tiana, T., dkk. (2017). Reduplikasi Dalam Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2014 Di Tubuh Tarra, Dalam Rahim Pohon. Jurnal.untan.ac.id.


Article Metrics

Abstract has been read : 45 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v11i2.19057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats