ANALISIS STRATA NORMA TERHADAP KUMPULAN PUISI POEMPM KARYA PUTRI MARINO

Amellia Pungkas Wari, Panji Kuncoro Hadi, Ermi Adriani Meikayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strata norma Roman Ingarden dalam menganalisis pemahaman karya sastra puisi prodi Pendidikan Sastra Bahasa Indonesia Universitas PGRI Madiun. Penelitian ini dilakukan pada buku berjudul POEMPM karya Putri Marino. Dalam strata norma Roman Ingarden ini terdapat beberapa lapis yang akan dijelaskan, yaitu lapis bunyi, lapis makna, lapis objek, lapis dunia dan terakhir lapis metafisis. Penelitian dilakukan dengan tahap menganalisis, data yang digunakan dalam penelitian ini berupa teks. Teks yang dimaksud meliputi kata, kalimat, maupun wacana yang dikutip dari sumber. Oleh karena itu, teknik pengumpulan data yang digunakan merupakan studi pustaka dan observasi tekstual dikarenakan semua dta bersumber dari buku dan jurnal. Hasil menganalisis  menunjukkan keterlaksanaan tahap awal, tahap pelaksanaan dan tahap akhir.

Keywords


Analisis Strata, Kumpulan Puisi, Poempm

Full Text:

PDF

References


Ahsin, M. N., Khamdun, K., & Ristiyani, R. (2018). Struktur Batin Puisi Jumari Hs dalam Antologi Puisi Tentang Jejak yang Hilang. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(2), 61-74.

Hasanah, D. U., Achsani, F., & Al Aziz, I. S. A. (2019). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa pada Puisi-Puisi Karya Fadli Zon. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 5(1), 13-26.

Jabrohim. (2017). Teori Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maulinda, R. (2018). Makna puisi ketika burung merpati sore melayang karya Taufik Ismail (kajian stilistika). Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 53-59.

Marino, Putri. (2020). Poempm. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2014. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Prayitno, H. W. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Teknik Inkuiri dan Latihan Terbimbing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2).

Ristiyani, R. (2017). Analisis Strata Norma Kumpulan Sajak Nikah Ilalang Karya Dorothea Rosa Herliany: Menggeser Ideologi Kontra Feminis dalam Masyarakat Patriarkhi. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 77-88.

Rohmatin, F. (2016). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Diwanarajichun Tughanni Lil-Athfal Karya Sulaiman Al-‘Isa (Analisis Strata Norma Roman Ingarden). Universitas Sebelas Maret.1-31.

Sutepu, Gustaf. (2006). Analisis Strata Norma Terhadap Kumpulan Puisi Nostalgi=transendensi karya Teoti Herarty. Fakultas Sastra Universitas Sumatra Utara, volume 11,37-42.

Waluyo, H.J, (2008). Teori dan Apresiasi Puisi. Salatiga: Widya Sari Press Salatiga.


Article Metrics

Abstract has been read : 72 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v11i2.19055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats