ANALISIS PENGGUNAAN PREPOSISI DALAM KUMPULAN DONGENG DI APLIKASI KUMPULAN DONGENG

Vella Aminda Tira, Bambang Eko Hari Cahyono, Dhika Puspitasari

Abstract


Penelitian ini menganalisis penggunaan preposisi dalam kumpulan dongeng di aplikasi kumpulan dongeng. Penelitian ini menjelaskan dua hal, yaitu (1) mendeskripsikan bentuk penggunaan preposisi dalam kumpulan dongeng di aplikasi kumpulan dongeng, dan (2) mendeskripsikan makna preposisi dalam kumpulan dongeng di aplikasi kumpulan dongeng. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara membaca kumpulan dongeng di aplikasi kumpulan dongeng dengan saksama dan berulang-ulang. Kemudian dilanjutkan dengan mencatat keseluruhan bentuk preposisi dan makna frasa preposisi dalam kumpulan dongeng di aplikasi kumpulan dongeng. Selanjutnya data yang sudah dicatat tersebut dikelompokkan berdasarkan bentuk preposisi dan makna frasa preposisi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode  deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah bentuk preposisi ada dua macam, yaitu preposisi tunggal dan preposisi majemuk. Preposisi tunggal terdiri dari dua macam, yaitu (1) preposisi tunggal kata dasar sejumlah 268 data, (2) preposisi tunggal berafiks sejumlah 18 data. Sedangkan preposisi majemuk terdiri dari dua macam, yaitu (1) preposisi majemuk berdampingan sejumlah 48 data, (2) preposisi majemuk berkorelasi sejumlah 2 data. Dalam penelitian ini juga ditemukan makna frasa preposisi menyatakan tempat berada sejumlah 98 data, menyatakan tempat asal sejumlah 6 data, menyatakan tempat tujuan sejumlah 48 data, menyatakan asal bahan sejumlah 19 data, menyatakan asal waktu sejumlah 1 data, menyatakan tempat tertentu sejumlah 1 data, menyatakan pelaku sejumlah 32 data, menyatakan alat sejumlah 52 data, menyatakan hal sejumlah 3 data, menyatakan pembatasan sejumlah 18 data, dan menyatakan tujuan sejumlah 58 data.


Keywords


Preposisi, Aplikasi, Kumpulan Dongeng

Full Text:

PDF

References


Abdullah, J. (2015). Analisis Kesalahan Penggunaan Preposisi pada Karangan Narasi Siswa Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 8 Ciputat Tahun Pelajaran 2014/2015.

Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., & Moeliono, A. M. (2010). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (Edisi ketiga). Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Arikuntonto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Astriani, W. (2018). Penggunaan Preposisi pada Poster di Fasilitas Sosial dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SLTP (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Astuti, W. (2014). Frase Preposisi dalam Kumpulan Cerpen Anak Let’s Smile, Delia! Karya Wanda Amyra Mayshara. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

Ba’dulu, A. M. & Herman. (2005). Morfosintaksis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Chaer, A. (2014). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

_______. (2015). Sintaksis Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Jakarta: Rineka Cipta.

Ermawan, G. (2017). Analisis Prepoisi pada Berita ”Kriinalitas” dalam Surat Kabar Satelit Post Edisi April-Mei 2015 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Indriani, Y. A. (2011). Penggunaan Konjungsi Bahasa Indonesia Pada Karangan Siswa SMP N 1 Sampang, Cilacap Tahun Pelajaran 2010-2011 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Karim, H. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Audio terhadap Keterampilan Menyimak Dongeng pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Ssiswa Kelas IV.

Kasyfi, F. D. (2005). Penggunaan Preposisi dalam Karangan Narasi Siswa SMPN 9 Jember (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan).

Kridalaksana, H. (2008). Kamus Linguistik (Edisi keempat). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Lestari, Y. B. (2019). Kesalahan Penggunaan Preposisi Dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Siliragung (Doctoral


Article Metrics

Abstract has been read : 160 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v9i2.11663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats