PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN TEKNIK JIGSAW

Winarni Budi Hastuti

Abstract


Pengelolaan kurikulum diarahkan agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik, dengan tolok ukur pencapaian tujuan oleh siswa. Upaya untuk mendorong guru dalam menetapkan strategi agar tujuan pembelajaran dapat tercapai, guru perlu didorong untuk terus menyempurnakan strategi tersebut misalnya dengan menetapkan kaji tindak dalam pembelajaran. Fenomena yang terjadi di SMAN 4 Madiun pada umumnya dan kelas XI IPA2 khususnya diperoleh data rendahnya pemahaman terhadap pengajaran Bahasa Indonesia. Hal ini tampak pada ketuntasan nilai ulangan-ulangan yang pernah dilaksanakan. Rata-rata 41,67% siswa memiliki nilai dibawah standar ketuntasan yaitu 78, dengan nilai rerata yang dicapai 76,29. Masalah ini perlu segera ditangani agar tidak menimbulkan akibat yang fatal pada siswa. Penerapan teknik jigsaw merupakan sebuah penawaran peneliti, dalam memecahkan masalah dengan harapan minimal 80% dari jumlah siswa mencapai ketuntasan belajar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 3 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2x45 menit yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrumen tes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia, khususnya siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 4 Madiun. Peranan model pembelajaran dengan teknik jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia ditandai adanya peningkatan nilai rerata yakni : pada siklus I 76,23; siklus II 80,93, dan siklus III 82,20. Selain itu,  ditandai pula adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar yaitu pada siklus I hanya 76,67%, siklus II menjadi 86,67%, pada siklus III mencapai 93,33%. Kenyataan membuktikan bahwa penggunaan teknik jigsaw dalam proses pembelajaran dapat meningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas XI IPA 2 SMAN 4 Madiun.

 


Keywords


Prestasi belajar, Jigsaw

Full Text:

PDF

References


Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2002). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Moleong, L. J. (1995). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (1988). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Penerbit Tarsito.

Nurhadi, & Senduk, G., A., (2003). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Suyanto, Kasihani K.E. (2009). Model- Model Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.

Zuriah, N. (2003). Penelitian Tindakan dalam Bidang Pendidikan dan Sosial. Edisi Pertama. Malang: Bayu Media Publishing.


Article Metrics

Abstract has been read : 107 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v9i2.11656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats