Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) dan numbered head toghether (NHT) terhadap hasil belajar siswa SMP

Syaiful Fachrurazi, Jeffry Handhika, Erawan Kurniadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) dan numbered head toghether (NHT) terhadap hasil belajar siswa smp. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII  SMPN Puhpelem Wonogiri sedangkan sampel dalam penelitian ini yang digunakan adalah kelas VIII B yang berjumlah 24 siswa terbagi menjadi 10 laki-laki dan 14 perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen Teknik pengumpulan data degan tes tulis. Instrumen yang digunakan adalah tes yang sebelumnya sudah diuji instrumen meliputi validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya beda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu pada saat pratindakan 67,41 meningkat menjadi 81,03. Selain itu dari data observasi diperoleh sebelum diberikan tindakan siswa terlihat kurang aktif  dalam kegiatan pembelajaran. Kegitan pembelajaran lebih didominasi oleh guru. Setelah diberikan tindakan siswa terlihat aktif baik pada saat kegiatan tanya jawab maupun pada saat kegiatan kelompok.


Keywords


Team Games Tournament (TGT); Numbered Head Toghether (NHT); Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 586 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.1718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.