Pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis PBL (problem based learning)

Norma Yanti, Tantri Mayasari, Erawan Kurniadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media pembelajaran fisika berupa modul berbasis problem based learning (PBL) pada materi cahaya dan alat optik; 2) mengetahui  kualitas modul berbasis PBL pada materi cahaya dan alat optik melalui  penilaian validator dan respon siswa serta guru. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis PBL menggunakan model pengembangan 4-D oleh S. Tiagaran Doroty S. Sammel dan Melvyn I. Semmel. Desain uji coba produk pengembanagan dalam penelitian yaitu validasi oleh ahli, uji coba kelas kecil, danuji coba kelas besar. Subjek uji coba kelas kecil adalah 6 siswa SMPN 5 Madiun dan subjek uji coba kelas besar terdiri dari 24 siswa kelas VIII E SMPN 5 Madiun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) langkah-langkah pembuatan modul dalam penelitian ini yaitu analisis ujung depan, analisis siswa , membuat instrummen, menentukan format, perancangan, validasi ahli, uji coba kelas kecil, uji coba kelas besar. 2) kualitas modul berbasis PBL ini memperoleh respon baik dari peserta didik uji kelas kecil dengan prosentase 83% dan prosentase 90% untuk uji kelas besar. 3) kualitas modul dari hasil penilaian para ahli mendapat kriteria sangat layak dengan rentan nilai (0,68-1), dimana dari penilaian ketga ahli didapat nilai 1. 


Keywords


Modul Pembelajaran Fisika; Problem Based Learning; Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 1186 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.1630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.