Konflik Batin Tokoh Kartika dalam Naskah Drama Kartini Berdarah Karya Amanatia J. S.

Irna Rinawatul Fitriyah

Abstract


Penelitian ini mengkaji konflik batin tokoh Kartika yang taerdapat pada naskah drama berjudul Kartini Berdarah (2008) karya Amanatia J. S. Permasalahan dalam naskah drama tersebut dilatari oleh pemberontakan batin oleh tokoh Kartika atas penyalahgunaan kebebasan kaum perempuan yang tlah dimerdekakan oleh Kartini. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Data penelitian diperoleh dari teknik simak catat dan membaca secara berulang-ulang, mengidentifikasi, mencatat atau memberi tanda, menyeleksi data yang ditemukan, dan memasukkan data yang sesuai dengan tema penelitian. Hasil penelitian ini adalah (1) Cara berfikir tokoh Kartika pada naskah drama Kartini Berdarah karya Amanatia Junda S. dapat dilihat dari faktor yang memengaruhi kehidupan tokoh, (2) Sikap atau tindakan tokoh Kartika pada naskah drama Kartini Berdarah karya Amanatia Junda S. dapat dilihat dari faktor yang memengaruhi kehidupan tokoh. Penelitian ini sangat penting bagi masyarakat untuk memberikan gambaran dan menyampaikan pesan yang tersirat dalam naskah mengenai mirisnya perjuangan R.A Kartini yang disalahgunakan oleh kaum perempuan saat ini.

Keywords


konflik batin, naskah drama, psikologi sastra

Full Text:

PDF

References


Putri, M., Abdurahman, & Zulfadhli. (2013). Pandangan Hidup Tokoh Perempuan Dalam Novel “Menebus Impian” Karya Abidah El Khalieqy. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 507.

Turmudzi, M., Doyin, M., & Mulyono. (2014). WATAK DAN PERILAKU TOKOH JUMENA MARTAWANGSA DALAM. Jurnal Sastra Indonesia, 2.

Ariana, M., & Qur'ani, H. (2018). Kritik Sosial dalam Naskah Drama Kampong Kardus Karya Gepeng Nugroho. Jurnal Pena Indonesia, 117.

Arimas, I. (2014). Analisis Psikologi Tokoh Utama Masako dalam Novel Out Karya Nastsui Kirino. Humanis, 7.

Asmanijar, W., Waluyo, H., & Rohmadi , M. (2019). Kajian Psikologi Sastra dan Nilai-nilai Pendiidkan Karakter dalam Novel-Novel Karya Habiiburrahman El Shirazy dan Relevansinya dengan Bahan Ajar Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah. Prosiding Seminar Nasional “Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0”, 350.

Darmalia, V., Priyadi, A., & Seli, S. (2017). Analisis Psikologi terhadap Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5.

Gischa, S. (2020). Teori Penyimpangan Sosial dan Bentuk Perilakunya. Kompas.com.

Hikmah, N. (2015). Aspek Psikologis Tokoh Utama dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khisna Pabichara. Jurnal Humanika, 3.

Kurnianto, E. A. (2015). Refleksi Falsafah Ajaran Hidup Masarakat Jawa dalam Prosa Lirik Peengakuan Pariyem Karya Linus Suryadi. Madah, 36.

Mayangsari, I. A. (2018). Konflik Batin Tokoh dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye: Kajian Psikologi Kurt Lewin. BAPALA, 5.

Nafeesa. (2017). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Menyontek pada Siswa YP Mts. Al-Azhar Medan. Jurnal Diversita, 67.

Pradita, L., Setiawan, B., & Mujiyanto, Y. (2012). Konflik Batin Tokoh Utama dalam Film Sang Pecerah Karya Hanung Bramantyo. Jurnal BASASTRA, 27.

Safitri, A. (2014). Analisis Psikologis Sastra pada Novel Amrike Kembang Kopi Karya Sunaryata Soemardjo. ADITYA - Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, 3.

Setiawan, A. (2018). Pandangan Hidup Wanita Jawa Dalam Novel Bekisar Merah Karya Ahmad Tohari. Jurnal Kredo, 111.

Sudiatmi, T., Subiyantoro, S., & Sawitri, S. (2017). Animasi Film Tokoh Panda dan Kurawan sebagai HAsil Kreativitas Seniman yang Mengandung Falsafah Hidup Masyarakat Jawa. Proceeding of International Conference on Art, Language, and Culture, 590.

Widiastuti, N., Sutresna, I., & Darmayanti, I. (2017). Analisis Naskah Drama Karya Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 7 Singaraja Dikaji dari segi Struktur Dramatik dan Pandangan Para Tokoh. e-Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 2.

Zaeni, M. (2015). Sosok Perempuan dalam Naskah Drama Arifin C. Noer. Kembara, 213.


Article Metrics

Abstract has been read : 750 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/linguista.v6i2.8737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:


View My Stats