Ideologi Pesantren Sebagai Agent of Change pada Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi (Sebuah Analisis Wacana Kritis)

Dwi Andriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) ideologi pesantren dengan menggunakan analisis teks mikro (textual analysis) wacana kritis model Fairclough  dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi, (2) ideologi pesantren dengan menggunakan analisis teks meso (discourse practice analysis) wacana kritis model Fairclough  dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi, (3) ideologi pesantren dengan menggunakan analisis teks makro (socioculture analysis) wacana kritis model Fairclough dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan objek penelitiannya adalah ideologi pesantren dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah model alir (flow model) Miles dan Huberman. Sumber data yang digunakan berasal dari teks novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi setebal 423 halaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat ideologi-ideologi yang diterapkan di pesantren. Penggunaan kata-kata Islami menunjukkan bahwa di dalam Pesantren diajarkan perilaku-perilaku keislaman;(2) menggambarkan dan mengenalkan pola pendidikan pesantren yang sebelumnya tidak banyak diketahui banyak orang; (3) kisah nyata penulisnya yang menceritakan berbagai usaha dan rintangan dalam mewujudkan impian dan cita-cita.


Keywords


Analisis Wacana Kritis; Ideologi; Pesantren; Novel; Agent of Change.

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. (2009). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Peneltian: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Ayuningtyas, D.I. & Hartanto, E.C.S. (2014). Pidato Politik di Indonesia: Sebuah Kajian Wacana Kritis. Prosodi, Vol. 8 No. 1 Januari 2014.

Badara, A. (2012). Analisis Wacana: Teori, Metode, dan Penerapannya pada Wacana Media. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Budianta, M. (2008). Membaca Sastra. Yogyakarta: Indonesia Tera.

Darma, Y. (2009). Analisis Wacana Kritis. Bandung: Yrama Widya Darma.

Fuadi, A. (2009). Negeri 5 Menara. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sobur, A. (2004). Analisis Teks Media. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

http://www.grammatics.com/appraisal/appraisalguide/framed/framed.html diakses pada tanggal 11 April 2018

Winarni, Sri. (2012). Analisis Appraisal System Kumpulan Wacana“Sungguh-Sungguh Terjadi” Pada Surat Kabar Kedaulatan Rakyat. S1 Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract has been read : 174 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/linguista.v3i2.5735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:


View My Stats