Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) dengan Menggunakan Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Kelas IV MI Riyadlatul Uqul

Pipit Puspitowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model belajar berbasis pengalaman (experiential learning) dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi, (2) hasil belajar penerapan model belajar berbasis pengalaman (experiential learning) dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi, (3) kelebihan dan kekurangan penerapan model belajar berbasis pengalaman (experiential learning) menggunakan media gambar dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subjek hasil karangan deskripsi siswa kelas IV MI Riyadlatul Uqul Kranggan Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan obsevasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah model interaktif dari Miles dan Huberman. Simpulan penelitian ini adalah (1) Penerapan model pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV MI Riyadlatul Uqul Kranggan Kecamatan Geger Kabupaten Madiun berjalan sesuai yang direncanakan; (2) Penerapan model pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) dengan menggunakan media gambar terbukti berhasil meningkatkan kemampuan siswa kelas IV MI Riyadlatul Uqul Kranggan Kecamatan Geger Kabupaten Madiun dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi; (3) kelebihan penerapan model belajar berbasis pengalaman dengan menggunakan media gambar yaitu mampu menciptakan situasi belajar yang kondusif, mampu menumbuhkan semangat siswa dalam mengikuti setiap tahapan pembelajaran, dan juga mampu merangsang siswa agar lebih berpikir kreatif. Sedangkan, kelemahannya adalah membutuhkan perencanaan waktu dan pelaksanaan yang lama.


Keywords


Menulis Karangan Deskripsi; Experintal Learning; Media Gambar.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Ahmadi, I.R dkk., (20110. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu Pengaruhnya Terhadap Konsep Pembelajaran Sekolah Swasta dan Negeri. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Akhadiah, S., dkk. (2007). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Alfin, M. (2008). Metode Penelitian. Malang: Biro Penelitian LKP2M.

Arsyad, A.(2012). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Cahyani, I. (2013). Pembelajaran Menulis Berbasis Karakter dengan Pendekatan Experiential Learning. Bandung: Program Studi Pendidikan Dasar SPS UPI.

Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada

DePorter, B. & Hernacki, M. (2005). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Hairrudin, dkk. (2008). Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta:

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Hamalik, O. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Jauharoti, A., dkk. (2008). Bahasa Indonesia 1. Surabaya: Lapis PGMI.

Keraf, Gorys. (2007). Komposisi. Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.

Kriyantono, R.(2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana

Kosasih. (2003). Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan Cermat Berbahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Kuswandari, D. (2017). Penerapan Model Experiential Learning Untuk meningkatkan Keterampilan Menulis pada siswa Kelas IV SD Negeri 4 Kawuyuhan. Kalam Cendekia FKIP UNS.

Mahmud, M. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) melalui Media Gambar terhadap Kemampuan Menulis Paragraf. Jurnal Seminar Nasional dan Temu Ilmiah Jaringan Peneliti. Banyuwangi: IAI Darussalam Blokagung.

Majid, A. (2014). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Maulana, F. (2015). Implementasi Model Experiential Learning dalam Pembelajaran IPA Materi Energi dan Perubahan Siswa Kelas IV MI Miftahus Shibyan Mijen Semarang. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam. Semarang: UIN Semarang Press.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning Prinsip-Prinsip dan Aplikasi. (Terjemahan Teguh Wahyu Utomo). (C. U. Press, Ed.). New York.

Mediana, J. (2016). Penggunaan Model Experiential Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi pada siswa Kelas III. Antologi Universitas Pendidikan Indonesia.

Miles, M.B. dan Huberman, A.M. (1984). Qualitative Data Analysis A Source Book of New Methods. California: SAGE Publication.

Moleong, L. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Moon, A. J. (2004). A Handbook of Reflective and Experiential Learning: Theory and Practice. London: Routledgefalmer.

Nurgiyantoro, B. (2011). Penilaian dalam pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.

Rahayu, M. (2007). Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi: Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian. Bandung: Grasindo.

Rakhmat, J. (2008). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rani, A., dkk (2006). Analisis Wacana Sebuah Kajian Bahasa dalam Pemakaian. Malang: Bayu Media Publishing.

Sadiman, A. dkk. (2011). Media Pendidikan (Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Semi, A. (2007). Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.

Slamet, S. (2008). Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press.

Sriani, N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Experiential Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Tampangsiring. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Pendidikan Ganesha.

Subagyo, P. (2004). Metode Penelitian: Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Sudaryanto. (2008). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa ( Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistik). Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumarsono, S. (2004). Teknik Penulisan Laporan. Jakarta: Graha Ilmu

Suparno, dan M. Yunus. (2007). Ketrampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sutardi, K. (2012). Penulisan Sastra Kreatif. Yogaykarta: Graha Ilmu.

Sutopo, B.H (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Suyatno. (2008). Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC

Tarigan, H. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa


Article Metrics

Abstract has been read : 288 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/linguista.v3i2.5734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:


View My Stats