Peningkatan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung dengan Menggunakan Pembelajaran Model Jigsaw melalui Buku Tulis Halus pada Siswa Kelas II SDN 02 Mojorejo Kota Madiun

Sayekti Sayekti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk peningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran menulis tegak bersambung siswa kelas II SDN 02 Mojorejo. Mengingat bahwa siswa belum memahami menulis huruf tegak bersambung. Siswa belum memahami menulisbentuk huruf, ukuran huruf, tebal tipisnya penulisan huruf, tanda baca, serta kerapian dengan menggunakan huruf tegak bersambung. Penelitian mengambil subyek siswa kelas II SDN 02 Mojorejo Kota Madiun yang berjumlah 28. Siswa laki-laki berjumlah 16 orang dan siswa perempuan berjumlah 12 orang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru dalam mengambil gambar (foto) sebagai dokumen. Dari penelitian yang dilakukandiperoleh hasil nilai rata-rata siswa pada kegiatan study awal sebesar 70,5 dengan persentase ketuntasan sebesar 46%. Kondisi tersebut mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus 1 yaitu sebesar 80,25 dan persentase ketuntasan sebesar 82%. Kemudian setelah melanjutkan ke siklus 2 nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran menulis tegak bersambung kembali mengalami peningkatan sebesar 84 dengan persentase ketuntasan sebesar 96%. Hal tersebut menunjukkan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapai.


Keywords


Menulis Tegak Bersambung; Model Jigsaw, Buku Tulis Halus

Full Text:

PDF

References


Anas, S. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Burhan, N. (2009). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta :BPFE.

Dyah, T. P. (2016). Cara Mudah Memahami Kurikulum. Surabaya : Jaring Pena, Agustus 2016.

Depdiknas. (2009). Panduan untuk Guru Membaca dan Menulis Permulaan untuk Sekolah Dasar Kelas 1, 2, 3. Jakarta: Depdiknas.

Djuharie, O. S., dan Suherli, S. (2005). Panduan Membuat Karya Tulis. Bandung: Yrama Widya.

Hopkins, D. (2011). A Teacher’s Guide to Classroom Research (Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas). Penerjemah: Ahmad

Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lembaga Pendidikan dan Pemberdayaan Potensi Masyarakat. (2010). Himpunan Peraturan Standart Nasional Pendidikan. Surabaya : Spek d’Trun. 2010.

Erlina, I. N. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Tegak Bersambung Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Siswa Kelas 1B SD Sonosewu Kasihan Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta.

Pontoh, H., Jamaludin, J., & Hasdin, H. Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas V SD Inpres Salabenda Kecamatan Bunta. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(11).

Wondal, R., & Djamrud, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan. BIOEDUKASI, 3(1).

Budiawan, M. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ilmu fisiologi olahraga. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(1).

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Buku Pedoman Guru Tema 5. Jakarta: 2017.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Buku Siswa Tema 5. Jakarta: 2017.

Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No.094/C?Kepl./1,83, tanggal 7 Juli 1983. Penegasan Ukuran Tulisan Tangan No.0521/C2/U.88,27Juni1988).

Kurniawan, D. A. (2013). Mengajari Siswa atau Anak-Anak Menulis tegak bersambung. Makalah.

Ruafida, A. (2010). Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Model Quantum Learning Pada Siswa Kelas 2 SD Negeri Karangasem 1 Laweyan Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi.

Sa’dun, A. (2012). Penelitian Tindakan Kelas dan Karya Ilmiah SD. Malang:25 April 2012

Sarwiji, S. (2011). Model Assesmen dalam Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Setiyaningsih, F. (2013). Peningkatan Kemampuan Menullis Tegak Bersambung Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas Aawal SD Negeri Karangputat 02 Cilacap. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Shobibatur, R, (2016). Metode Picture and Picture untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana kelas III Madrasah Ibtidaiyah Hasyim Asyari Sedati Sidoarjo. SKRIPSI.

Suryabrata, S. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

Abstract has been read : 2768 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/linguista.v3i2.5730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:


View My Stats