Stabilitas Emosi Tokoh Sri Ningsih Dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye (Kajian Psikologi Sastra)

Heni Mayawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang (1) bentuk stabilitas emosi tokoh Sri Ningsih dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye, dan (2) teori psikologi Abraham Maslow dalam novel Tentang Kamu. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitik. Deskriptif analitik dilakukan dengan cara pendeskripsian fakta-fakta yang kemudian disusul dengan analisis. Secara etimologi deskriptif dan analisis berarti menguraikan dengan memberikan pemahaman dan penjelasan yang secukupnya. Metode deskriptif analitik digunakan untuk memaparkan stabilitas emosi serta kondisi psikologi tokoh Sri Ningsih dengan teori psikologi Abraham Maslow. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Novel Tentang Kamu karya Tere Liye terdapat stabiltas emosi: (a) Tabah dan sabar, (b) Patuh pada orang tua, (c) Tidak mudah putus asa, (d) Mudah beradaptasi, (e) Rasa solidaritas, (f) Kreatif, (g) Inovatif, (h) Baik hati, (i) Rajin, (j) Mempunyai semangat tinggi, (k) Pekerja keras, (l) Persaudaraan, (m) Memiliki rasa percaya diri, dan (n) Bersahabat;  dan (2) Ada lima hierarki kebutuhan: (a) Kebutuhan fisiologis, (b) Kebutuhan akan rasa aman, (c) Kebutuhan akan rasa memiliki dan kasih sayang, (d) Kebutuhan akan penghargaan, dan (e) Kebutuhan akan aktualisasi diri.


Full Text:

PDF

References


Albin, R.S. (1995). Emosi Bagaimana Mengenal, Menerima, dan Mengarahkannya. (Terjemahan: S.M. Brigid, O.S.F). Yogyakarta: Kanisius.

Endraswara, S. (2008). Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Media Presindo.

Endraswara, S. (2013). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS.

Gerungan, G. (1987). Psikologi Sosial. Bandung: Ereslo

Kosasih, E. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Liye, T. (2017). Tentang Kamu. Jakarta: Republika.

Minderop, A. (2010). Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Paryanto, A. (2003). Aspek Moral dalam Novel Para Priyayi Analisis Psikologi Sastra. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Ratna, N.K. (2009). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Stanton, R. (2007). Teori Fiksi Robert Stanton (Diterjemahkan oleh Sugihastuti dan Rossi Abi Al Irsyad). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Subroto, E. (1992). Pengantar Metode Penelitian Linguistik Struktural. Surakarta: UNS Press

Waluyo, H. J. dan Wardani, N. E. (2009). Pengkajian dan Apresiasi Prosa Fiksi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.


Article Metrics

Abstract has been read : 1358 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/linguista.v3i1.4540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:


View My Stats