Evaluasi Keterampilan Koneksi Matematika dengan Blended learning di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dwi Sakti Baturaja

Mega Kusuma Listyotami

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi aspek keterampilan koneksi matematika siswa yang perlu ditingkatkan efek dari blended learning yang terjadi di STIE Dwi Sakti Baturaja. Aspek keterampilan koneksi matematis yang telah dipelajari adalah keterampilan siswa dalam: (1) Menuliskan soal-soal kehidupan sehari-hari dalam bentuk model matematika, (2) Menuliskan konsep-konsep matematika yang mendasari jawaban, (3) Menulis menurunkan hubungan antara objek dan konsep matematika. Desain penelitian menggunakan kelompok tes. Subjek penelitian ini adalah 62 mahasiswa STIE Dwi Sakti Baturaja Sumatera Selatan Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes keterampilan koneksi matematika. Soal tes berisi tiga indikator kemampuan koneksi matematis. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa cenderung lemah dalam menuliskan hubungan antara objek dan konsep matematika.

 


Keywords


Mathematical Connection, Blended Learning

Full Text:

PDF

References


Aida, N., Kusaeri, K., & Hamdani, S. (2017). Karakteristik Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Ranah Kognitif yang Dikembangkan Mengacu pada Model PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 130.

Allen, C. E., Froustet, M. E., LeBlanc, J. F., Payne, J. N., Priest, A., Reed, J. F., Worth, J. E., Thomason, G. M., Robinson, B., & Payne, J. N. (2020). National Council of Teachers of Mathematics. The Arithmetic Teacher, 29(5), 59.

Anita, I. W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp. Infinity Journal, 3(1), 125.

Annur, M. F., & Hermansyah. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195–201.

Badjeber, R., & Fatimah, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Inkuiri Model Alberta. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(1), 18.

Bowyer, J., & Chambers, L. (2017). Evaluating Blended learning (1). 17–26.

Gao, M. (2012). Classroom Assessments in Mathematics: High School Students’ Perceptions. International Journal of Business and Social Science, 3(2), 63–68.

Hasbi, M., Lukito, A., Sulaiman, R., Muzaini, M., Negeri Surabaya, U., Lidah Wetan, K., & Lidah Wetan-Surabaya, J. (2019). Improving the Mathematical Connection Ability of Middle-School Students through Realistic Mathematics Approach. Journal of Mathematical Pedagogy, 1(1), 37–46.

Hendriana, H., Slamet, U. R., & Sumarmo, U. (2014). Mathematical Connection Ability And Self-Confidence (An experiment on Junior High School students through Contextual Teaching and learning with Mathematical Manipulative). International Journal of Education, 8(1), 1–11.

Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala pembelajaran daring selama masa pandemi di kalangan mahasiswa pendidikan matematika: Kajian kualiatatif deskriptif. Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 45–51.

Kenedi, A. K., Helsa, Y., Ariani, Y., Zainil, M., & Hendri, S. (2019). Mathematical connection of elementary school students to solve mathematical problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69–79.

Kintu, M. J., Zhu, C., & Kagambe, E. (2017). Blended learning effectiveness: the relationship between student characteristics, design features and outcomes. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 14(1).

Kristanto, A., Mustaji, M., & Mariono, A. (2017). The Development of Instructional Materials E-Learning Based On Blended learning. International Education Studies, 10(7), 10.

Kurtarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 1(2), 207–220.

Listyotami, M. K. (2011). Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VIII A SMP N 15 Yogyakarta melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 5E. Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Listyotami, M. K. (2021). Analisis Kecemasan Matematika dan Self Efficacy pada E-Learning Kokurikuler SPSS. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1819–1824.

Marsitin, R. (2018). Koneksi Matematis dan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Matematika dengan Teori APOS. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1), 87–100.

Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1.

Nenta, D. S., & Edy, S. (2020). Analysis of Student’s Junior High School Mathematical Connection Abiliy. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(2), 309–320.

Panggabean, E. C., Br Manullang, E. J., & Sinambela, J. S. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Online di IAKN Tarutung. Jurnal Christian Humaniora, 5(1), 81–93.

Permana, Y., & Sumarmo, U. (2007). Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Educationist, I(2), 116–123.

Rusdiantho, K. S. G., & Elon, Y. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Online Fase Pandemic Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2573–2585.

Saminanto, & Kartono. (2015). Analysis of mathematical connection ability in linear equation with one variable based on connectivity theory. International Journal of Education and Research, 3(4), 259–270.

Sholekah, L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2), 151–164.

Sururi Afif, N., Maharani Basa, P., & Zakharia, A. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Online. Jurnal Syntax Transformation, 2(7), 1012–1017.

Ulya, I. F., Irawati, R., & Maulana. (2016). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 121–130.

Vo, H. M., Zhu, C., & Diep, N. A. (2017). The effect of blended learning on student performance at course-level in higher education: A meta-analysis. Studies in Educational Evaluation, 53, 17–28.


Article Metrics

Abstract has been read : 215 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.8700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)