PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustyaningrum, Nina. 2011. Implementasi Model Pembelajaran Learning Cyle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Sleman. Semi-nar nasional matematika dan pen-didikan matematika yogyakarta, 3 desember 2011///Diunduh pada tanggal 24 Desember 2014 pukul 12: 59 PM
Arifin. 2014. Penelitian Pendidikan. Ban-dung: Rosda
Arikunto. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pen-didikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pen-didikan. Jakarta: Bumi Aksara
Bansu Irianto Ansari. (2003). Menumbuh Kembangkan Kemampuan Pema-haman dan Komunikasi Matematika Siswa SMU melalui Strategi Think-Talk-Write. Disertasi doktor, tidak diterbitkan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Darkasyi, Muhamad,dkk. 2014.Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pem-belajaran Pendekatan Quantum Lear-ning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal didaktik ma-tematik Vol 1, No. 1 April 2014 /// diunduh tanggal 14 Desember 2014 pukul 12 : 03 PM
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kompetensi Dasar Mata Pelajar-an Matematika Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta: Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). konsep peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang standar na-sional pendidikan. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas. 2013. Materi Pelatihan Kuriku-lum 2013. Jakarta: Kemendikbud
Fahrurrozi. 2011. Penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkat-kan kemampuan berpikir kritisdan komunikasi matematis siswa sekolah dasar. Edisi Khusus No. 1, Agustus 2011/// Diunduh pada tanggal 15 januari 2015 pukul 9: 46 PM
Heruman. 2013. Model Pembelajaran Ma-tematika Di Sekolah Dasar. Ban-dung: Remaja Rosda Karya
Moleong. 2014. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda-karya
Pribadi, Benny. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat
Pugalee, D.A. (2001). Using Communica-tion to Develop Students’ Mathemat-ical Literacy. Journal Research of Mathematics Education, 6, 296-299. Diambil pada tanggal 15 januari 2015, diunduh pukul 7: 44 pm dari http://www.my.nctm.org/ercsour-ces/article-summary.asp?URI= MTMS2001-01-296a&from=B.
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi 2- 6. Jakarta: Rajawali Perss
Russefendi. 1980. Pengajaran Matematika Modern. Bandung: Tarsito
Sudrajat.(2001). Penerapan SQ3R pada Pembelajaran Tindak lanjut untuk Peningkatan Kemampuan Komu-nikasi dalam Matematika Siswa SMU.Tesis Magister, tidak diterbit-kan, Universitas Pendidikan Indone-si, Bandung.
Sugiono. 2010. Belajar dan pembelajaran. Kediri: UNP
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Suherman, Tatang. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkat-kan Kemampuan Berpikir Mathema-tis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama.Journal Re-search of Mathematics Education, No.I Vol. I Januari 2007 diunduh 24 Desember 2014 pukul 1: 06 pm
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran, Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pen-didikan Berkarakter. Bandung: Remaja Roesdakarya
Tandiling, Eddy. 2011. The Enhancement of Mathematical Communication and Self Regulated Learning of Senior High School Students Through PQ4R Strategy Accompanied by Refutation Text Reading disajikan dalam International Seminar and the Fourth National Conference on Mathematics Education 2011 De-partment of Mathematics Education, Yogyakarta State University. Yogya-karta, July 21-23 2011 /// Diunduh pada tanggal 15 januari 2015 pukul 8: 37 PM
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Prestasi Pustaka
Article Metrics
Abstract has been read : 1689 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.845
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
View JIPM Stats
JIPM indexed by:
Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)