Perbandingan Kemampuan Representasi Matematis Siswa antara Contextual Teaching and Learning dan Problem Based Learning

Risda Damayanti, Ekasatya Aldila Afriansyah

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi oleh fakta bahwa representasi matematis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap siswa, serta representasi merupakan salah satu komponen penting dan fundamental untuk mengembangkan kemampuan matemats siswa secara umum. Untuk meningkatkan seluruh kemampuan matematis siswa yaitu melalui aktifitas pembelajaran yang hendaknya berpusat pada siswa. Sesuai dengan masalah yang dikemukakan, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan dan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa terhadap model pembelajaran CTL dan PBL. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan pengambilan sampel purposive sampling. Sampel penelitian dipilih dua kelas dari kelas XI MIPA SMAN 17 Garut tahun ajaran 2017/2018. Kelas eksperimen I yaitu kelas XI MIPA 1 yang mendapatkan model pembelajaran CTL sebanyak 20 siswa, dan kelas eksperimen II yaitu kelas XI MIPA 3 yang mendapatkan model pembelajaran PBL sebanyak 20 siswa. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran CTL lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan model pembelajaran PBL. Sementara itu, untuk peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berinterpretasi tinggi dan Problem Based Learning berinterpretasi sedang. Serta secara umum sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Problem Based Learning masing-masing berinterpretasi baik.

Keywords


Kemampuan Representasi Matematis; Contextual Teaching and Learning; Problem Based Learning; quasi eksperimen

Full Text:

PDF

References


Aditya, A. (2014). Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa.

Afriansyah, E. A. (2017a). Desain Lintasan Pembelajaran Pecahan Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 463–474. Retrieved from http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa/article/view/mv6n3_15/137

Afriansyah, E. A. (2017b). Problem Posing Sebagai Kemampuan Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 163–180. Retrieved from http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa/article/view/mv6n1_15/pdf_1

Alamiah, U. S., & Afriansyah, E. A. (2017). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Antara Yang Mencapatkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education Dan Open-Ended. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 207–216. Retrieved from http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa/article/view/mv6n2_4/93

Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intelectually Repetition Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika UNSRI, 11(1), 67–78. https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3890.67-78

Anh, D. T. K. (2017). Exploring contextual factors shaping teacher collaborative learning in a paired-placement. Teaching and Teacher Education, 67, 316–329. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.06.008

Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan PBL Dan IBL Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi Matematis, dan Motivasi Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 227–239. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2678

Fatimah, F. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based-Learning. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16, 249–259.

Heriawan, A., Darmajari, & Senjaya, A. (2012). Metodologi Pembelajaran. (S. Iskandar, Ed.). Banten: LP3G.

Hoogland, K., de Koning, J., Bakker, A., Pepin, B. E. U., & Gravemeijer, K. (2018). Changing representation in contextual mathematical problems from descriptive to depictive: The effect on students’ performance. Studies in Educational Evaluation, 58(June), 122–131. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2018.06.004

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 85–99.

Khoiri, W., Rochmad, & Cahyono, A. N. (2013). Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Dalam Pembelajaranmatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Journal of Mathematics Education, 2(1), 115–121.

Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Kostiainen, E., Ukskoski, T., Ruohotie-Lyhty, M., Kauppinen, M., Kainulainen, J., & Mäkinen, T. (2018). Meaningful learning in teacher education. Teaching and Teacher Education, 71, 66–77. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.12.009

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: Refika Aditama.

Lidinillah, D. abdul M. (2009). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning).

Loyens, S. M. M., Jones, S. H., Mikkers, J., & van Gog, T. (2015). Problem-based learning as a facilitator of conceptual change. Learning and Instruction, 38, 34–42. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2015.03.002

Maryati, I. (2017). Peningkatan Kemampuan Penalaran Statistis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 129–140. Retrieved from http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa/article/view/mv6n1_12/pdf_1

Muhson, A. (2009). Peningkatan Minat Belajar Dan Pemahaman Mahasiswa Melalui Penerapan Problem-Based Learning. Kependidikan, 39(2), 171–182.

Nadhifah, G., & Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 33–44. Retrieved from http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa/article/view/mv5n1_5/187

Narulita, A. A. (2013). Keefektifan Pembelajaran Model Designed Student-Centeres Instructional terhadap Kemampuan Representasi Peserta Didik Kelas VIII Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar. Universitas Negeri Semarang. Retrieved from http://lib.unnes.ac.id/18828/1/4101409042.pdf

NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Retrieved from http://www.nctm.org/standards/content.aspx?id=16909

Pereira, D. R., & Papa, J. P. (2016). A new approach to contextual learning using interval arithmetic and its applications for land-use classification. Pattern Recognition Letters, 83, 188–194. https://doi.org/10.1016/j.patrec.2016.03.020

Rusman. (2012). Model-model pembelajaran(mengembangkan profesionalisme guru). Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Syahbana, A. (2011). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Edumatica, 2(April), 45–57.

Widiati, I. (2015). Mengembangkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Kontekstual. Pengajaran MIPA, 20(2), 106–111. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.571


Article Metrics

Abstract has been read : 851 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v7i1.3078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)