Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Program Linear

Indah Puspita Sari, Ratni Purwasih, Adi Nurjaman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan mahasiswa dalam belajar mata kuliah program linear. Metode penelitian ini adalah deskritif kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa pendidikan matematika STKIP Siliwangi Bandung yang mengikuti mata kuliah program linear. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan matematika STKIP Siliwangi Bandung yang mengikuti mata kuliah program linear pada semester genap Tahun Ajaran 2016/2017 semester 4. Untuk memperoleh data penelitian digunakan instrumen berupa tes diagnostik dan wawancara. Hasil penelitian didapat kesimpulan: (i) tingkat kemampuan mahasiswa awal pembelajaran masih level rendah; (ii) kesalahan mahasiswa pada umunya belum memahami soal dan prakonsep masih rendah; (iii) mahasiswa belum tertanam rasa belajar secara mandiri. Adapun solusi untuk mengatasi hambatan tersebut melalui latihan atai drill soal secara terstruktur dan memberikan soal yang beragam sebagai bahan untuk berlatih. Dosen mencoba menggunakan metode yang berbeda setiap pertemuan di kelas agar mahasiswa tidak mudah jenuh dan berlatih berpikir solusi terhadap persoalan  program linear.

 


Keywords


Hambatan Belajar, Program Linear, Metode Simplek

Full Text:

PDF

References


Budiyono, (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Budiyono, (2004). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Krisdiana, I., Apriandi, D., & Setiansyah, R, K. (2014). Analisis Kesulitan Yang Dihadapi Oleh Guru Dan Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika (Studi Kasus Eks-Karesidenan Madiun). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JIPM), 3(1), 1-10.

Ruseffendi, E. T. (1991). Pengantar Kepada Membatu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA: Perkembangan Kompetensi Guru. Bandung: Tarsito.

Sariningsih, R.,& Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1),163-177.

Subhan. (2009). Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Uraian Berbentuk Cerita pada Bidang Studi Matematika. Jurusan Tarbiyah STAIN Cirebon.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Russefendi, E. T. (1991). Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khusunya dalam Pelajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru. Bandung: Diklat.

Sugilar, H. (2017). Daya Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 97-108.

Suherman, E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. UPI Bandung: JICA.

Suryadi, D. (2010). Didactical Design Research (DDR) dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika. Makalah pada Seminar Nasional Matematika UNNES.

Wahyuni, A. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Dasar. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 10-21.


Article Metrics

Abstract has been read : 1974 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)