Pengaruh Kecemasan Matematika Siswa Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Pada Pembelajaran Daring

Tasya Amelia, Syafika Ulfah

Abstract


Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan penalaran matematis pada siswa kelas VIII saat pembelajaran daring dan juga mengetahui profil kecemasan matematika siswa dan kemampuan penalaran matematis. Metode kuantitatif dengan penelitian korelasional digunakan dalam penelitian ini. Peneliti mengambil sampel 450 siswa kelas VIII di SMPN DKI Jakarta. Dalam mengolah data menggunakan teknik analisis deskriptif serta regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini memaparkan kecemasan matematika berada di kategori sedang dengan 67.3% dan kemampuan penalaran matematis berkategori sedang sebanyak 65.1%. Serta tidak terdapat pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan penalaran matematis pada siswa kelas VIII saat pembelajaran daring

This study aims to determine the profile and influence of mathematics anxiety on mathematical reasoning abilities in class VIII students during online learning. Quantitative methods with correlational research are used in this study. Researchers took a sample of 450 class VIII students at SMPN DKI Jakarta. In processing the data using descriptive analysis techniques and simple linear regression. The results of this study show that mathematics anxiety is in the moderate category at 67.3% and the mathematical reasoning ability in the medium category is 65.1%. And there is no influence of math anxiety on mathematical reasoning abilities in class VIII students when learning online


Keywords


Mathematics anxiety; mathematical reasoning ability; class VIII students

Full Text:

PDF

References


Aarnos, E., & Perkkilä, P. (2012). Early Signs Of Mathematics Anxiety? Procedia - Social And Behavioral Sciences, 46(2003), 1495–1499.

Adiyanti, C. A., & Aini, I. N. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Terhadap Materi Persamaan Garis Lurus. Pros. Semin. Nas. Mat. Dan Pendidik. Mat. Sesiomadika, 2011, 560–566.

Agustiana, N., Supriadi, N., & Komarudin, K. (2019). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Dengan Penerapan Pendekatan Bridging Analogy Ditinjau Dari Self-Efficacy. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 7(1), 61–74.

Ahmed, W., Minnaert, A., Kuyper, H., & Van Der Werf, G. (2012). Reciprocal Relationships Between Math Self-Concept And Math Anxiety. Learning And Individual Differences, 22(3), 385–389.

Akbar, G. A. M., Diniyah, A. N., Akbar, P., Nurjaman, A., & Bernard, M. (2018). Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran Dan Self Confidence Siswa Sma Dalam Materi Peluang. Journal On Education, 1(1), 14–21.

Al Mutawah, M. A. (2015). The Influence Of Mathematics Anxiety In Middle And High School Students Math Achievement. International Education Studies, 8(11), 239–252.

Ario, M. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK Setelah Mengikuti Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah Edu Research, 5(2), 125–134.

Asdarina, O., & Ridha, M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Setara Pisa Konten Geometri. Numeracy, 7(2), 192–206.

Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika Dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 12–22.

Burais, L., Ikhsan, M., & Duskri, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 77–86.

Cooke, A., & Hurst, C. (2012). Mathematics Competency And Situational Mathematics Anxiety : What Are The Links And How Do These Links Affect Teacher Education Programs ? AARE APERA International Conference, 2010, 1–8.

Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom Dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 72–78.

Faradillah, A. (2018). Analysis Of Mathematical Reasoning Ability Of Pre-Service Mathematics Teachers In Solving Algebra Problem Based On Reflective And Impulsive Cognitive Style. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(2), 119–128.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, Mia Zultrianti. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 165–175.

Hastuti, W. H., & Yoenanto, N. H. (2019). Pengaruh Self-Regulated Learning, Kecemasan Matematika, Dukungan Sosial Guru Matematika, Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri “X” Surabaya. Jurnal Psikologi Integratif, 6(2), 116–130.

Huberty, B. T. J. (2009). Test And Performance Anxiety. National Association Of Secondary School Principal, 10(1), 12–16.

Kargar, M., Tarmizi, R. A., & Bayat, S. (2010). Relationship Between Mathematical Thinking, Mathematics Anxiety And Mathematics Attitudes Among University Students. Sciencedirect, 8(5), 537–542.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education And Literature, 3(1), 53–65.

Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus Pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 139–146.

Lestari, E. (2014). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV Se Kecamatan Turi Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal PGSD Yogyakarta, 3(2), 1–6.

Linola, D. M., Marsitin, R., & Wulandari, T. C. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Di SMAN 6 Malang. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 27–33.

Ma, X., & Xu, J. (2004). The Causal Ordering Of Mathematics Anxiety And Mathematics Achievement: A Longitudinal Panel Analysis. Journal Of Adolescence, 27(2), 165–179.

Madjidu, A. (2022). Analisis Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi Dan Semangat Kerja Dan Pengaruhnya Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai. JESYA: Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 5(1), 444–462.

Maesya Firdaus, D., Purwanto, S. E., & Nuriadin, I. (2021). Kontribusi Seft-Efficacy Dan Mathematics Anxiety Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. International Journal Of Progressive Mathematics Education, 1(2), 1–19.

Muhsana, N., & Diana, H. A. (2022). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Berbasis Soal PISA. Jurnal Pendidikan Matematika UNILA, 10(1), 41–52.

Munasiah. (2015). Pengaruh Kecemasan Belajar Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 220–232.

Nopela, L. A., Lestari, A., Lorenza, S., & Syafri, F. S. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematika Siswa Kelas VII Terhadap Hasil Belajar Di SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 75–84.

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa Dalam Melakukan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541–544.

Putri, H. E., Wahyudy, M. A., Yuliyanto, A., & Nuraeni, F. (2020). Development Of Instruments To Measure Mathematical Anxiety Of Elementary School Students. International Journal Of Learning, Teaching And Educational Research, 19(6), 282–302.

Qomari, R. (2008). Pengembangan Instrumen Evaluasi Domain Afektif. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 13(1), 87–109.

Rismen, S., Mardiyah, A., & Puspita, E. M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 263–274.

Schillinger, F. L., Vogel, S. E., Diedrich, J., & Grabner, R. H. (2018). Math Anxiety, Intelligence, And Performance In Mathematics: Insights From The German Adaptation Of The Abbreviated Math Anxiety Scale (AMAS-G). Learning And Individual Differences, 61, 109–119.

Setiawati, T., Muhtadi, D., & Rosaliana, D. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Program Linear. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 127–134.

Sudarti, N. K., Candiasa, I. M., & Sukajaya, I. N. (2020). Analisis Pengaruh Faktor Kecemasan Belajar Dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri Se-Kota Singaraja. Jurnal Nalar Pendidikan, 8(2), 81–88.

Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (Cetakan 22). Bandung. ALFABETA,Cv.

Suren, N., & Kandemir, M. A. (2020). The Effects Of Mathematics Anxiety And Motivation On Students’ Mathematics Achievement. International Journal Of Education In Mathematics, Science And Technology (IJEMST), 8(3), 190–218.

Umaroh, S., Yuyu Yuhana, & Aan Hendrayana. (2020). Pengaruh Self-Efficacy Dan Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp. Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 1–15.

Unlu, M., Ertekin, E., & Dilmac, B. (2017). Predicting Relationships Between Mathematics Anxiety, Mathematics Teaching Anxiety, Self-Efficacy Beliefs Towards Mathematics And Mathematics Teaching. International Journal Of Research In Education And Science, 3(2), 636–645.

Wahid, S. N. S., Yusof, Y., & Nor, A. H. M. (2018). Effect Of Mathematics Anxiety On Students’ Performance In Higher Education Level: A Comparative Study On Gender. AIP Conference Proceedings, 1974, 050010-1-050010–050017.

Wicaksono, A. B., & Saufi, M. (2013). Mengelola Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 89–94.

Wipraja, P. M. A. S., & Piartini, P. S. (2019). Analisis Model Hubungan Sikap Dan Norma Subjektif Dengan Niat Berwirausaha Pada Mahasiswa Universitas Udayana. JURNAL MANAJEMEN, 8(11), 58–66.

Yuliani, M., Simarmata, J., Susansi, S. S., Mahawati, E., Sudra, R. I., Dwiyanto, H., Irawan, E., Ardiana, D. P. Y., Muttaqin, & Yuniawati, I. (2020). Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan: Teori Dan Penerapan (A. Rikki (Ed.); 1st Ed.). Medan. Yayasan Kita Menulis.

Zakaria, E., & Nordin, N. M. (2008). The Effects Of Mathematics Anxiety On Matriculation Students As Related To Motivation And Achievement. Eurasia Journal Of Mathematics, Science And Technology Education, 4(1), 27–30.

Zakaria, E., Zain, N. M., Ahmad, N. A., & Erlina, A. (2012). Mathematics Anxiety And Achievement Among Secondary School Students. American Journal Of Applied Sciences, 9(11), 1828–1832.


Article Metrics

Abstract has been read : 948 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.13215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)