Analisis literasi lingkungan pada mahasiswa pendidikan geografi

Eko Hariyadi, Enok Maryani, Wanjat Kastolani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran literasi lingkungan pada mahasiswa pendidikan geografi. Sampel peneltian adalah seluruh mahasiswa pendidikan geografi Universitas Sembilanbelas November Kolaka sebanyak 221 mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa survey melalui instrumen angket dan soal tes pilihan ganda yang digunakan untuk mengetahui persentase literasi lingkungan mahasiswa, yang terdiri dari indikator pengetahuan lingkungan, keterampilan kognitif, sikap peduli lingkungan dan perilaku pro-lingkungan. Hasil dari pengolahan dan analisis data, maka disimpulkan bahwa literasi lingkungan mahasiswa pendidikan geografi berada pada kategori sedang untuk indikator pengetahuan lingkungan sebesar 78,3%, indikator keterampilan kognitif 63,3%, dan indikator perilaku pro-lingkungan sebesar 65,6%, sedangkan pada indikator sikap peduli lingkungan menunjukkan kategori tinggi dengan persentase 81%. Selain itu, persentase tersebut juga menunjukkan beberapa sub-indikator dengan persentase tertinggi dari indikator literasi lingkungan diantaranya sub-indikator memiliki pengetahuan mengenai pemecahan masalah lingkungan pada indikator pengetahuan lingkungan, sub-indikator memiliki kemampuan dalam merencanakan tindakan penyelidikan isu lingkungan pada indikator keterampilan kognitif, sub-indikator sikap apresiasi terhadap lingkungan pada indikator sikap peduli lingkungan, dan sub-indikator konservasi sumber daya alam pada indikator perilaku pro-lingkungan.


Keywords


Literasi Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Al-Dajeh, H. (2012). Assessing Environmental Literacy of Pre-vocational Education Teachers in Jordan. College Student Jurnal, 46(3), 492-507.

Aminrad, Z., Zakaria, S. B., Hadi, A. S., & Sakari, M. (2013). Relationship Between Awareness, Knowledge, and Attitudes Environmental Education Among Secondary School Students in Malaysia. World Applied Sciences Journal, 22(9), 1326-1333. doi:10.5829/idosi.wasj.2013.22.09.275

Azwar, S. (2015). Sikap manusia Teori dan Penerapanya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bechtel, R., & Churcman, A. (2012). Handbook of Environmental Psychology. New York: John Wiley & Son.inc.

Blessing, I. A. (2012). Environmental Literacy Assesment: Exploring the Potential for the Asseement of Environmental Education/Programs in Ontorio Schools. International Journal for Cross-Disciplinary Subjects in Education (IJDSE), 3(1), 648-656.

Chen, L. (2013). A Study of Green Intention Comparing with Collectivistic (Chinese) and Individualistic (American) Consumers in Shanghai, China. Journal Information Management and Business Review, 5(7), 342-346.

Cresswell, J. W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed; Cetakan ke-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Environmental Literacy Task Force. (2015). A. Blueprint for Environmental Literacy : Educating Every Student in About and For The Environment. Redwood City: California Dedicated to Education Foundation.

Erdogan, M., Kostova, Z., & Marcinkowski, T. (2009). Compponent of Environmental Literacy in Elementary Science Education Curriculum in Bulgaria and Turkey. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 5(1), 15-26.

Espinet, M., & Lerena, G. (2012). Environmental, Health, and Outdoor Science Education. Spanyol: E-Book MCYT Hibah Komunitas.

Farwati, R., Anna, P., Harry, F., & Tatang, S. (2017). Potret Literasi Lingkungan Mahasiswa Calon Guru Kimia di Universitas Sriwijaya. Journal of Science Education and Practice, 1(1), 1-8.

Febriasari, L. K., & Supriatna, N. (2017). Enhance Environmental Literacy through Problem Based Learning. International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE) (pp. 1-6). IOP Conf. Series: Journal of Physics. doi:10.1088/1742-6596/895/1/012163

Frank, D. J., & Meyer, J. W. (2007). University Expansion and the Knowledge Society. Theory and Society, 36(4), 287-311. doi:10.1007/s11186-007-9035-z

Ichsan, I. Z., Diana, V. S., & Mieke, M. (2018). Learning Environment: Gender Profile of Students' Pro-Environmental Behaviour (PEB) Based on Green Consumerism. TADRIS: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 3(2), 97-107. doi:10.24042/tadris.v3i2.3358

Iqbal, M. Z., Hassan, M. U., & Ali, M. Q. (2015). Effects of Physical Classroom Environment on the Literacy Outcomes: A Meta-Analysis of Teaching Writing Skill. Journal of Policy Research, 1(1), 31-35.

Joseph, C., Nichol, E. O., Jangu, T., & Madi, N. (2015). Environmental Literacy and Attitudes Among Malaysian Business Educators. International Journal of Sustainability in Higher Education, 14(2), 196-208.

Karimzadegan, H., & Hossein, M. (2012). Exploration of Environmental LIteracy in Science Eduction Curriculum in Prmary Schools in Iran. 4th World Conference on Educational Sciences (WCES-2012). 46, pp. 404-409. Procedia Social and Behavioral Sciences. doi:https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.131

Kresnawati. (2013, September). Korelasi Kualitas Pembelajaran Geografi dan Hasil Belajar Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Ponorogo. Jurnal Pendidikan Humaniora, 298-303. Diambil kembali dari http://journal.um.ac.id/index.php/jph/article/view/4139/787

Kruger, J., Mann, J., & Matin, C. (2016). Closing the Gaps and Filling the STEM Pipeline: A Multidisciplinary Approach. Journal of Science Education and Technology, 25, 682-695. doi:10.1007/s10956-016-9622-8

Lee, K. (2011). The Green Purchase Behaviour of Hongkong Young Consumer: The Role of Peer Influence, Local Environmental Involvement, and Concerete Environmental Knowledge. Journal of International Consumer Marketing, 23, 21-44.

Maryani, E. (2006). Kontribusi Pendidikan Geografi dalam Membangun Modal Sosial untuk Menuju Keunggulan Berbangsa dan Bernegara. Seminar Nasional IPS. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Maryani, E. (2009). Pembelajaran Keterampilan Sosial dalam Pembelajaran Geografi. Retrieved from www.upi.edu: htttp://www.upi.edu

Maulidya, F., Mudzakir, A., & Sanjaya, Y. (2014). Case Study the Environmental Literacy of Fast Learner Middle School Students in Indonesia. International Journal of Science and Research (IJSR), 3(1), 193-197.

McBeth, W., & Volk, L. T. (2010). The National Environmental Literacy Project: A Baseline Study og Middle Grade Students in the United States. The Journal of Environmental Education, 41(1), 55-67.

McBride, B. B., Brewer, C. A., & Borrie, W. T. (2013). Environmental Literacy, Ecological Literacy, Ecoliteracy: What do we mean and how did get here ? ECOSPHERE, 4(4), 1-20. doi:http://dx.doi.org/10.1890/ES13-00075.1

Mullenbach, L. E., & Green, G. T. (2018). Can Environmental Education Increase Student-Athletes' Environmental Behaviour ? Environmental Education Research, 24(3), 427-444. doi:https://doi.org/10/1080/13504622.2016.1241218

Munthe, B. (2014). Desain Pembelajaran. Jogjakarta: Pustaka Insan Madani.

NAAEE. (2011). Developing a Framework for Assessing Environmental Literacy. Washington, D.C: North American Association for Environmental Education. Retrieved from http://www.naaee.net/sites/default/files/framework/DevFramewkAssessEnvLitOnlinEd.pdf

Oest, S. J. (2011). Home Literacy Environmental: How Does Parent Involvement Effect Literasi Development. Retrieved from digitalcommons.brockport.edu: http://digitalcommons.brockport.edu/ehd_theses.

Özgürler, S., & Cansaran, A. (2014). Graduate Students, Study of Environmental Literacy and Sustainable Development. International Electronic Journal of Environmental Education, 4(2), 71-83.

Ozsoy, d. (2012). Can Eco-Schools Improve Elementary School Student' Environmental Literacy Level? Asia Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 13 (2).

Primasari, D. W., Jenny, E., & Agus, D. W. (2013). Pemilihan Moda Transportasi ke Kampus oleh Mahasiswa Universitas Brawijaya. Indonesia Green Technology Journal, 2(2), 84-93.

Rini, A. S., Sukaatmadja, I. G., & Giantri, I. A. (2017). Pengaruh Pengetahuan Lingkungan dan Kepedulian Lingkungan terhadap Sikap dan Niat Beli Produk Hijau "The Body Shop" di Kota Denpasar. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udaya, 6(1), 137-166.

Riyanto, E. A., Sutardji, & Sunarko. (2012). Hubungan Antara Pengetahuan Lingkungan Hidup dengan Sikap Mahasiswa dalam Program Konservasi UNNES (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Geografi FIS UNNES). Jurnal Edu Geogrphy, 1(1), 30-36.

Rosa, F. O. (2015). Analisis Kemampuan Siswa Kelas X pada Ranah Kognitif, Efektif, dan Psikomotorik. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 1(2), 24-28.

Ruhimat, M. (2013). Penanaman Kemampuan Berpikir Geografis Melalui Pendidikan. Seminar Nasional Pendayagunaan Informasi Geospasial untuk Optimalisasi Otonomi Daerah 2013 (pp. 224-226). Sukoharjo: Universitas Muhammdiyah Surakarta. Retrieved from http://hdl.handle.net/11617/4239

Sali, G., Korukcu, O., & Akyol, A. (2015). Research On The Environmental Knowledge And Environmental Awareness of Preschool Teachers. European Journal Of Research On Education, 3(1), 69-79.

Saribas, D. (2015). Investigating the Relationship Between Pre-Service Teachers Scientific Literacy, Environmental Literacy, and Life-Long Learning Tendency. Journal Science Education International, 26(1), 80-100.

Schiffman, L., & Leslie, L. K. (2008). Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Jakarta: PT. Indeks.

Scholz, R. W. (2011). Environmental Literacy in Science and Society: From Knowledge to Decisions. Cambridge: Cambridge University Press.

Shamuganathan, S., & Karpudewan, M. (2015). Modeling Environmental Literacy of Malaysian Pre-University Students. International Journal of Environmental & Science Education, 10(6), 757-771.

Simarmata, B., Daulae, A. H., & Raihana. (2018). Hubungan Tingkat Pengetahuan Lingkungan Hidup dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Jurnal Pelita Pendiidkan, 6(4), 204-210.

Sirait, Nelly, & Florida. (2012). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Perilaku Mencintai Lingkungan SIswa SMA Negeri Se-Kota Medan. Medan: Thesis: Universitas Negeri Medan.

Soni, A., Patil, D., & Argade, K. (2016). Municipal Solid Waste management. Procedia Environmental Sciences, 35, 119-126. doi:https://doi.org/10.1016/j.proenv.2016.07.057

Sugandi, D. (2015). Pembelajaran Geografi sebagai Salah Satu Dasar Pembentukan Karakter Bangsa. Sosio Humanika: Jurnal Pendidikan Sains dan Kemanusiaan, 8(2), 241-252.

Suharyono. (2006). Bungan Rampai Pemikiran Geografi dan Lingkungan Hidup dalam Pendidikan dan Pengajaran. Semarang: UNNES Press.

Swanapoel, C., Loubser, C. P., & Chacko, C. P. (2002). Measuring the Environmental Literacy of Teachers. South African Journal of Education, 22(4), 282-285.

Wibowo, I. (2009). Pola Perilaku Kebersihan: Studi Psikologi Lingkungan. Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia, Depok. Indonesia Makara Sosial Humaniora, 13(1), 37-47.

Zheng, Q. J., Xu, A. X., Kong, D. Y., Deng, H. P., & Lin, Q. Q. (2018). Correlation Between The Environmental Knowledge, Environmental Attitude, and Behavioral Intention of Tourists for Ecotourism in China. Applied Ecology and Environmental Research, 16(1), 51-62. doi:http://dx.doi.org/10.15666/1601_051062


Article Metrics

Abstract has been read : 1866 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v6i1.6685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Gulawentah: Jurnal Studi Sosial Metrics:

Office:
Pascasarjana Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : gulawentah@unipma.ac.id

 


web
analytics
Gulawentah My Stats