PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN TIRON 02

Cahyo Indarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model cooperative learning dengan teknik make a match siswa kelas IV SDN Tiron 02 Kecamatan/Kabupaten Madiun.Penentuan sampel di dalam penelitian ini menggunakan sampel total yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Tiron 02 Madiun tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 12 orang. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning teknik make a match dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tiron 02. Nilai rata-rata hasil belajar pada pembelajaran IPS dengan teknik make a match
yakni pra siklus = 61,7, siklus I = 72,5, siklus II = 83,3. Persentase ketuntasan yang diperoleh pada setiap siklus juga mengalami peningkatan. Pada pra siklus sebesar 41,67%, yaitu sebanyak 5 siswa, siklus I sebesar 66,67%, atau sebanyak 8 siswa dan siklus II sebesar 91,67% atau sebanyak 11 siswa. Kinerja guru juga mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata kinerja guru mencapai 3,1 dengan kriteria tinggi. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 3,9 dan masuk kriteria sangat tinggi.
Keaktifan belajar siswa pada siklus I adalah 66,52% dengan kriteria aktif. Keaktifan siklus II meningkat menjadi 82,14% dengan kriteria sangat aktif. Simpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran IPS melalui model cooperative learning teknik make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


Hasil Belajar; IPS; Model Cooperative Learning; Teknik Make A Match

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 66 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v1i1.62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Gulawentah: Jurnal Studi Sosial indexed by:

Copyright gulawentah: Jurnal Studi Sosial (ISSN print):2528-6293 ; (ISSN online): 2528-6781

 

email : gulawentah@unipma.ac.id

Creative Commons License
Gulawentah: Jurnal Studi SOsial by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/gulawentah/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


web
analytics
Gulawentah My Stats