Pemanfaatan Media Digital Terhadap Indeks Minat Baca Masyarakat Kabupaten Lamongan

Abd. Ghofur, Evi Aulia Rachma

Abstract


Membaca merupakan aktivitas yang sangat penting dalam masyarakat. Selain untuk menambah informasi, juga untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan berpikir yang luas. Munculnya Internet dan situs media sosial telah memperluas sumber informasi berbasis digital. Perilaku membaca masyarakatpun berubah, hal ini tentu meningkatkan minat baca masyarakat. Melalui permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan media digital terhadap indeks minat baca masyarakat Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian diambil 578 responden mulai usia 16 tahun keatas yang berasal dari 7 kecamatan dengan menggunakan multi stage technique sampling. Instrumen pengumpulan data dengan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif kuatitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa minat baca masyarakat Kabupaten Lamongan tahun 2019 adalah sebesar 64,71%. banyak masyarakat yang membaca namun ternyata mereka lebih suka membaca melalui internet dengan media Handphone atau Smartphone dari pada laptop dan komputer.


Keywords


Media Digital; Indeks Minat Baca

Full Text:

PDF

References


Aydemir, Z., & Ozturk, E. (2012). The Effects of Reading from the Screen on the Reading Motivation Levels of Elementary 5th Graders. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 11(3), 357-365.

Long, D., & Szabo, S. (2016). E-readers and the effects on students’ reading motivation, attitude and comprehension during guided reading. Cogent education, 3(1), 1197818.

Martinez, V. G., & López-Río, J. (2015). About the horrific peril of reading on digital devices. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 178, 105-109.

Meliyawati, M. (2016). Pemahaman Dasar Membaca. Yogyakarta: Depublis.

Saaid, S. A., & Wahab, Z. A. (2014). The Impact of Digital-Based Materials on Undergraduates' Reading Habit. International Journal of Social Science and Humanity, 4(3), 249.

Schneider, N. (2010). Facebook, Other Social Network Sites Could Lead to Lower Grades for Students. In.

Shari, M. (2006). Male teenagers need for extensive reading. In.

Squires, S. (2014). The effects of reading interest, reading purpose, and reading maturity on reading comprehension of high school students: Baker University.

Tanjung, F. Z., Ridwan, R., & Gultom, U. A. (2017). Reading Habits in Digital Era: A Research on the Students in Borneo University. LLT Journal: A Journal On Language And Language Teaching, 20(2), 147-157.

Tapscott, D. (2008). Grown up digital: McGraw-Hill Education Boston.

Verma, J., & Malviya, V. (2014). The impact of internet and digital media on reading habit. Paper presented at the XXIV National Seminar of the IASLIC.


Article Metrics

Abstract has been read : 391 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v4i2.5524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Office:
Pascasarjana Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : gulawentah@unipma.ac.id

 


web
analytics
Gulawentah My Stats