Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi Interaktif Berbasis Android Sebagai Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa

Hari Nur Wahyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran ekonomi berbasis Android pada materi akuntansi; (2) mendiskripsikan keaktifan belajar siswa melalui media pembelajaran interaktif berbasis android; serta (3) mendiskripsikan  prestasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran android dan yang tidak menggunakan. Penelitian ini menggunakan penilitian dan pengembangan (research and development) yang berarti penelitan ini merupakan penelitian yang berorientasi pada produk.dengan mengadaptasi 4D dari Thiagarajan dengan tahap-tahap pendefinisian, perencanaan, pengembangan, dan penyebaran. Modifikasi yang dilakukan adalah pendefinisian, perencanaan, dan pengembangan.


Keywords


Media Pembelajaran Ekonomi, Berbasis Adroid; Aktivitas Siswa; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anam, C. (2017). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Akuntansi Kas. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(3).

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57-62.

Izzati, F. D., & Sumarsih, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Peta Akuntansi (TAKSI) Berbasis Android pada Materi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 15(2).

Oktiana, G. D. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis android Dalam bentuk buku saku digital untuk mata pelajaran Akuntansi kompetensi dasar membuat ikhtisar siklus Akuntansi perusahaan jasa di kelas xi man 1 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Skripsi tidak diterbitkan (online). Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta.

Putra, D. R., & Nugroho, M. A. (2016). Pengembangan Game Edukatif Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahan Jasa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1).

Setyosari, H. P. (2016). Metode penelitian pendidikan & pengembangan: Prenada Media.


Article Metrics

Abstract has been read : 686 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v4i2.5522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Office:
Pascasarjana Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : gulawentah@unipma.ac.id

 


web
analytics
Gulawentah My Stats