Pengaruh Permainan radisional Gobak Sodor Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas III SDN 01 Manguharjo Kota Madiun

Dwi Listyaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan permainan tradisional gobak sodor terhadap sikap sosial siswa kelas III SDN 01 Manguharjo Kota Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian posttest only control design. Populasi penelitiannya siswa kelas III berjumlah 52 orang, kelas III A sebanyak 26 siswa yang diberi perlakuan dengan bermain permainan tradisional gobak sodor, sedangkan kelas III B sebanyak 26 siswa dengan tidak diberi perlakuan permainan tradisional gobak sodor atau sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner (angket) dan teknik analisisnya menggunakan analisis regresi linier satu predikator yang bersifat untuk memprediksi angket yang digunakan signifikan terhadap sikap sosial siswa. Hasil analisis data dan mengujian hipotesis menunjukan Uji-T diperoleh t_(hitung )=2,87 dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = 24 diperoleh t_tabel=1,711. Karena t_(hitung )> t_tabel=2,87>1,711, maka H_0  ditolak H_1 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sikap sosial siswa dengan memanfaatkan permainan tradisional gobak sodor lebih baik dari pada sikap sosial siswa yang tidak memanfaatkan permainan tradisional.


Keywords


permainan tradisional; Gobak Sodor; sikap sosial; siswa SD

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Dirgantara, Y. (2012). Pelangi Bahasa Sastra dan Budaya Indonesia Kumpulan Apresiasi dan Tanggapan. Yogyakarta: Garudhawaca.

Gerungan, (2010). Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Hasanah, N., dan Hardiyanti, P. (2016). Pengembangan Anak Melalui Permainan Tradisional. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 untuk SD. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudaya.

Mulyani, S. (2013). 45 Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Lengensari Publishing.

Sarwono, S.W., dan Eko, A.M. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Turangan, L. W., & Reza, F. (2014). Seni Budaya dan Warisan Indonesia Olahraga & Permainan. Jakarta: PT Aku Bisa.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wiyani, N.A. (2013). Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.


Article Metrics

Abstract has been read : 159 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v3i2.3463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Office:
Pascasarjana Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : gulawentah@unipma.ac.id

 


web
analytics
Gulawentah My Stats