Kualitas Pelayanan Pendaftaran Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) di Kantor Panwaslu Kecamatan Samarinda Ilir

A Asnar

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Pendaftaran Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) di Kantor Panwaslu Kecamatan Samarinda Ilir, beserta faktor-faktor yang mendukung dan menghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian kualitatif. Teknik penarikan sampel dengan teknik purposive sampling dan teknik accidental sampling. Untuk Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan pencatatan dokumen. Adapun teknik analisis data, yaitu teknik analisis data model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  Kualitas Pelayanan Pendaftaran PPL di Kantor Panwaslu Kecamatan Samarinda Ilir secara umum sudah baik, yang dibuktikan melalui pengukuran kelima dimensi kualitas pelayanan (kehandalan, daya tanggap, kepastian, empati, dan keberwujudan). Faktor pendukungnya yaitu jumlah petugas penerima pendaftaran yang memadai dan dibekali dengan kemampuan yang mumpuni. Sedangkan penghambatnya yaitu masih kurangnya beberapa komponen fisik untuk mewujudkan pelayanan prima, seperti kursi dan ruang tunggu untuk pendaftar Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL), televisi sebagai sarana hiburan, maupun ruang baca, yang mana hal ini disebabkan keterbatasan anggaran, dimana situasi yang ada saat ini Kantor Panwaslu Kecamatan Samarinda Ilir masih menumpang di Kantor Kecamatan Samarinda Ilir.


Keywords


Kualitas Pelayanan Pendaftaran, PPL, Panwaslu

Full Text:

PDF

References


Boediono. (1996). Pelayanan Perpajakan Indonesia (Jilid I). Jakarta: Kawula Muda.

Gasperz, V. (1997). Manajemen Kualitas Dalam Industri Jasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P. (1994). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Lukman dan Sugiyanto. (2001). Sendi-Sendi Pelayanan Prima. Jakarta: STIA LAN Press.

Miles dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta : UI Press.

Sampara, L. (2000). Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: STIA LAN Press.

Sugiyono. (2009). Statistik Untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta.

Tjiptono. (2004). Manajemen Jasa. Yogyakarta : Andi Offset.

Wahyuningsih, Anis. (2002). Analisa Tingkat Kepuasan Konsumen Berdasarkan Pelayanan pada Rumah Sakit Umum Kabupaten Karang Anyer. Surakarta : UMS Press.

Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota.

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.


Article Metrics

Abstract has been read : 538 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v3i1.2828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Gulawentah: Jurnal Studi Sosial Metrics:

Office:
Pascasarjana Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : gulawentah@unipma.ac.id

 


web
analytics
Gulawentah My Stats