Pengaruh brand image dan E-WOM terhadap loyalitas pelanggan pada penggunaan aplikasi TikTok Shop mahasiswa

Intan Kirana Putri, Ninik Srijani, Yahya Reka Wirawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Image dan E-WOM terhadap Loyalitas Pelanggan pada penggunaan aplikasi TikTok Shop Mahasiswa Universitas PGRI Madiun. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas PGRI Madiun. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 152 siswa. Bentuk dari penelitian ini adalah penelitian kuantitatif untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner berjumlah 24 soal yang telah di uji validitas dan reabilitasnya. Metode analisis dalam penelitian ini yang telah di uji validitas dan reabilitasnya. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, Uji t (Parsial), Uji F (Stimultan) dan Koefisien determinasi dengan alat bantu menggunakan SPSS dan Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Image (X1) berpengaruh Positif terhadap Loyalitas Pelanggan (Y), Variabel E-EWOM (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) Signifikansi Uji F untuk Brand Image (XI) dan Electronic Word of Mouth (X2) berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y), hal ini didasarkan pada hasil uji f yang menunjukkan bahwa nilai nilai signifikasi 0,000 < 0,005 dan  Fhitung 76,613 > 3,06 dan signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Brand Image dan E-WOM berpengaruh secara simultan terhadap Loyalitas Pelanggan. Diketahui variabel citra merek dengan negative news sig. sebesar 0,000 < 0,05.


Full Text:

PDF

References


Adam, M. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa: teori dan aplikasi.

Agustina, W., & Sari, W. P. (2021). Pengaruh Influencer Marketing Tiktok terhadap Brand Image Bittersweet by Najla. Prologia, 5(2), 356-361. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/10211

Andriani, Z., & Nasution, S. M. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Fashion di Tiktok Shop pada Pengguna Aplikasi Tiktok. Bursa: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(2), 209-220. https://jurnal.risetilmiah.ac.id/index.php/jeb/article/view/300

Apriliani, R. A. E. (2019). Pengaruh Brand Trust, Brand Equity dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Teh Botol Sosro di Wonosobo). Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(2), 112-121. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/ppkm/article/view/687

Azrullah, M. M. (2023). PENGARUH JANGKA WAKTU PEMBAYARAN, PENANGANAN KOMPLAIN DAN E-WOM TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN. Jurnal Transparan STIE Yadika Bangil, 15(1). http://e-jurnal.stie-yadika.ac.id/index.php/jtsyb/article/view/31

da Cruz, N., & Rohimakumulla, M. A. A. (2022). Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kausalitas Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Tpay). eProceedings of Management, 9(4). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/18278

Faircloth, J. B., Capella, L. M., & Alford, B. L. (2001). The effect of brand attitude and brand image on brand equity. Journal of marketing theory and practice, 9(3), 61-75. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/10696679.2001.11501897

Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (strategi, mengukur kepuasan dan loyalitas pelanggan). Deepublish.

Irawan, W., & Nisa, P. C. (2023). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI SOCIAL MEDIA. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(1), 243-259. Artikel Pengaruh Corporate Social Responsibility , Electronic Word Of Mouth Dan Kualitas Layanan Terhadap

Khawari, R. I., & Ilyas, N. (2023). Pengaruh Brand Image, Corporate Social Responsibility dan Electronic Word of Mouth (E-Wom) Terhadap Customer Loyalty Charles & Keith Mall Senayan City. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi dan Akuntansi, 1(6), 1605-1622. https://publish.ojs-indonesia.com/index.php/SINOMIKA/article/view/900

Lestari, R. A., & Latabulo, D. D. J. (2022). Perilaku konsumen remaja putri dalam pengambilan keputusan pembelian secara online melalui tiktok di masa pandemi. KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi, 9(1), 54-61. http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisocio/article/view/207

Luthfiyatillah, L., Millatina, A. N., Mujahidah, S. H., & Herianingrum, S. (2020). Efektifitas media instagram dan e-wom (electronic word of mouth) terhadap minat beli serta keputusan pembelian. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(1), 101-115. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/PENELITIAN_IPTEKS/article/view/3024

Maulida, M., Sari, Y., & Rohmah, S. (2022). Influence of Electronic Word Of Mouth (e-WOM), Hedonic Motivation, and Price Value On Consumer's Purchase Intention Using Social Commerce “TikTok Shop”. 2022 Seventh International Conference on Informatics and Computing (ICIC),

Mokodompit, H. Y., Lapian, S. V. J., & Roring, F. (2022). Pengaruh Online Customer Rating, Sistem Pembayaran Cash On Delivery Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok Shop (Studi Pada Mahasiswa Dan Alumni Equil Choir Feb Unsrat). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(3), 975-984. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/43393

Muchlis, M. (2022). PENGARUH E-SATISFACTION TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI E-WOM E-COMMERCE TIKTOK SHOP PADA GENERASI Z. JURNAL ANALISIS MANAJEMEN, 8(2), 118-130. http://ejournal.unisi.ac.id/index.php/jam/article/view/2459

Nugroho, I. A., & Dirgantara, I. M. B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada PT. Havindo Pakan Optima). Diponegoro Journal of Management, 10(1). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/30907

Purwanda, E., & Wati, T. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Kepercayaan, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survey Pada Pelanggan Lazada Di Wilayah Bandung Timur). Jurnal INTEKNA: Informasi Teknik Dan Niaga, 18(2), 86-91. https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/687

Sa’adah, A. N., Rosma, A., & Aulia, D. (2022). Persepsi generasi Z terhadap fitur Tiktok Shop pada aplikasi Tiktok. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(5), 131-140. https://transpublika.co.id/ojs/index.php/Transekonomika/article/view/176

Sa’ait, N., Kanyan, A., & Nazrin, M. F. (2016). The effect of e-WOM on customer purchase intention. International Academic Research Journal of Social Science, 2(1), 73-80. http://www.iarjournal.com/wp-content/uploads/IARJ-SS-20161-73-80.pdf

Sawitri, I. G. A. T. D., & Rahanatha, G. B. (2019). Pengaruh Green Marketing Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Udayana University]. Pengaruh Green Marketing Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan.

Sinaga, B. A., & Sulistiono, S. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Promosi Media Sosial Terhadap Minat Beli Pada Produk Fashion Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 79-94. https://jurnal.ibik.ac.id/index.php/jimkes/article/view/329

Sugiyono, S. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wijaya, D. (2022). Pemasaran jasa pendidikan. Bumi Aksara.

Yanti, S. D., Astuti, S., & Safitri, C. (2023). Pengaruh Pengalaman Belanja Online Dan Kepercyaan Terhadap Minat Beli Ulang Di Tiktok Shop (Studi Kasus Mahasiswa Fkip Uhamka 2018). Jurnal EMT KITA, 7(1), 47-61. http://www.journal.lembagakita.org/index.php/emt/article/view/728

Yoo, C. W., Sanders, G. L., & Moon, J. (2013). Exploring the effect of e-WOM participation on e-Loyalty in e-commerce. Decision support systems, 55(3), 669-678. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0167923613000602

Yunita, N. R., Sumarsono, H., & Farida, U. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Buka Lapak (Studi Kasus Pada Komunitas Buka Lapak Ponorogo). ISOQUANT: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 90-105. http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/isoquant/article/view/243


Article Metrics

Abstract has been read : 760 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v8i1.17376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Gulawentah: Jurnal Studi Sosial Metrics:

Office:
Pascasarjana Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : gulawentah@unipma.ac.id

 


web
analytics
Gulawentah My Stats